ANALISIS KEBIJAKAN BANK SYARIAH TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA AKAD MURABAHAH (STUDI KASUS PADA BANK MADINA SYARIAH YOGYAKARTA)

Detail Cantuman

Prodi Perbankan Syariah

ANALISIS KEBIJAKAN BANK SYARIAH TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA AKAD MURABAHAH (STUDI KASUS PADA BANK MADINA SYARIAH YOGYAKARTA)

XML

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kebijakan bank syariah terhadap nasabah wanprestasi pada akad murabahah di Bank Madina Syariah Yogyakarta,untuk mengetahui apakah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sudah sesuai syariah, untuk mengetahui kendala dalam menghadapi nasabah wanprestasi, untuk mengetahui kendala-kendala dalam menangani kasus wanprestasi, dan untuk mengetahui bagaimana cara bank meminimalisir akan terjadinya wanprestasi.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat field research. Teknik pengumpulan datapada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan memperhatikan berbagai fakta yang ada di lapangan yang kemudian digabungkan secara sistematis, maka hasil analisis diperoleh secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, Bank Madina Syariah memberikan beberapa kebijakan bagi nasabah wanprestasi. Dengan adanya kebijakan dari bank, mempermudah para nasabah wanprestaasi dalam menyelesaikan pembayaran angsuran nasabah murabahahkepada bank. Kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sudah dengan syariah dengan acuan Fatwa DSN-MUI. Dalam mencegah terjadinya wanprestasi di kemudian hari, Bank Madina Syariah juga melakukan beberapa analisis sebelum menyetujui pengajuan pembiayaan pada akad murabahah.Dalam menghadapi kasus wanprestasi, bank menghadapi beberapa kendala. Kendala yang dialami diselesaikan dengan jalan keluar yang sudah memenuhi prosedur aturan yang ada.
Kata Kunci: Kebijakan, Murabahah, Wanprestasi, Fatwa DSN-MUI


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
M. Farrij Karbana - Personal Name
Student ID
2018230024
Dosen Pembimbing
Titik Hinawati, S.E., M.E.I., ASPM - - Dosen Pembimbing 1
Ainun Khabib, M.E.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61206
Edisi
Published
Departement
Perbankan Syari'ah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FE-PS 1324 FAR a
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail