ANALISIS SEMIOTIK MEDIA TIKTOK SEBAGAI SARANA UNTUK MENYEBARLUASKAN PESAN POLITIK MENUJU PEMILU 2024 (Studi Pada Akun TikTok @totalpolitikid)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Politik

ANALISIS SEMIOTIK MEDIA TIKTOK SEBAGAI SARANA UNTUK MENYEBARLUASKAN PESAN POLITIK MENUJU PEMILU 2024 (Studi Pada Akun TikTok @totalpolitikid)

XML

Di era digital yang juga semakin maju ini tingkat akses media baru semakinmeningkat dalam hal ini masyarakat lebih dimudahkan dalam mengakses media.sosial media sebagai alat untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, Sosialmedia sering dianggap sebagai salah satu sumber yang sangat efektif dan penting,khususnya dalam menyebarluaskan pesan politik kepada masyarakat. Akun@totalpolitikid merupakan salah satu akun yang aktif dalam menginformasikanberita-berita politik, peneliti akan mengupas lebih dalam terkait pesan-pesan apasaja yang disebarluaskan oleh akun @totalpolitikid di aplikasi TikTok.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknikpengumpulan data deskriptif, sedangkan teknik analisis data pada penelitian inimenggunakan analisis semiotik Roland Barthes untuk mengetahui tanda-tanda dansimbol-simbol pada video yang diunggah akun TikTok @totalpolitikid dantentunya apa makna pada pesan politik tersebut.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pesan politik menuju pemilu 2024yang diunggah oleh akun TikTok @totalpolitikid mempunyai beberapa unsurpesan politik yang berupa tanda-tanda atau simbol-simbol yang telah dijelaskandalam studi semiotika. Penulis menggunakan analisis semiotika Roland Barthespada 10 video yang mengandung pesan-pesan politik menuju pemilu 2024. Pesanpesantersebut terbagi menjadi dua indikator yaitu Pesan pengaruh yang katakatanyamempunyai tanda dorongan, nasehat, permintaan maupun peringatan,pesan yang termasuk kedalam pesan tersebut yaitu tidak adanya elaborasi tentangnasib masyarakat karena para politisi hanya mementingkan politik identitas, danPesan otoritas adalah pesan memerintah atau pesan larangan, yang termasukkedalam pesan tersebut yaitu pesan larangan agar Anies maupun Ganjar tidakmenjadi presiden.

Kata Kunci: Media Sosial, Analisis Semiotik Roland Barthes, Pesan Politik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nani Wahyuningsih - Personal Name
Student ID
2019250008_
Dosen Pembimbing
Supartinah, S.Pd., M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail