PENGARUH DPK, NPF DAN FDR TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Periode 2015-2022)

Detail Cantuman

Prodi Perbankan Syariah

PENGARUH DPK, NPF DAN FDR TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Periode 2015-2022)

XML

Profitabilitas digunakan untuk melihat efisiensi pengelolaan aktivayang ada pada suatu perusahaan untuk mendapatkan laba. Dalam mengukurprofitabilitas dapat menggunakan rasio ROA, untuk menghitung sejauhmana kemampuan bank dalam menghasilkan laba pada periode tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh DPK, NPF dan FDRterhadap profitabilitas dengan pembiayaan sebagai variabel interveningpada Bank Mualamat Indonesia periode 2015-2022. Penelitian inidilatarbelakangi oleh pertumbuhan profitabilitas Bank Mumalat yangfluktuatif dan adanya gap research pada penelitian sebelumnya yangmeneliti tentang profitabilitas bank syariah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan data-datalaporan keuangan triwulanan Bank Muamalat Indonesia tahun 2015-2022.Sampel dalam penelitian ini menggunakn 32 laporan keuangan triwulanan.Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan komputerdengan aplikasi SPSS. Metode analisis yang digunakan adalah ujiketepatan model, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji mediasi.Hasil analisis pada pengujian uji parsial menunjukkan bahwa DPKdan NPF tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). DPK tidakberpengaruh terhadap Pembiayaan. NPF berpengaruh positif terhadapPembiayaan. Pembiayaan berpengaruh positif terhadap ROA. Hasil ujimediasi dengan analisis jalur menunjukkan bahwa variabel Pembiayaantidak dapat memediasi pengaruh DPK dan NPF terhadap Profitabilitas(ROA).

Kata Kunci: DPK, NPF, FDR, ROA dan Pembiayaan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Selvia Warisanti - Personal Name
Student ID
2019230005
Dosen Pembimbing
Titik Hinawati, S.E., M.E.I., ASPM - - Dosen Pembimbing 1
Ainun Khabib, M.E.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mila Fursiana Salma M, S.H.I., M.S.I - - Penguji 1
laila - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
61206
Edisi
Published
Departement
perbankan syariah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail