TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD KERJASAMA BAGIHASIL PENGGARAPAN TANAMAN KENTANG(Studi Kasus di Desa Pasurenan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD KERJASAMA BAGIHASIL PENGGARAPAN TANAMAN KENTANG(Studi Kasus di Desa Pasurenan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara)

XML

Kerjasama bagi hasil merupakan salah satu muamalah yang biasadigunakan oleh masyarakat khususnya di Desa Pasurenan yang sebagian besarmasyarakatnya berprofesi sebagai petani. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui tinjauan hukum Islam dan praktik akad kerjasama bagi hasil terhadappenggarapan tanaman kentang di Desa Pasurenan Kecamatan Batur KabupatenBanjarnegara. Fokus penelitian ini untuk menjawab pokok pertanyaan yaitu : 1)Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad kerjasama bagi hasilpenggarapan tanaman kentang di Desa Pasurenan Kecamatan Batur KabupatenBanjarnegara, 2) Bagaimana sistem bagi hasil antara pemilik lahan dan petanipenggarap di Desa Pasurenan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan akad kerjasama bagihasil terhadap penggarapan tanaman kentang sebagai objek penelitian. Adapunteknik penelitian yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dandokumentasi terhadap masyarakat Desa Pasurenan yang melakukan kerjasamabagi hasil. Analisis data yang digunakan peneliti menggunakan teknik induktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad kerjasama bagi hasil terhadappenggarapan tanaman kentang di Desa Pasurenan Kecamatan Batur KabupatenBanjarnegara dilaksanakan berdasarkan adat kebiasaan masyarakatnya yangbiasanya disebut paron. Dalam muamalah akad kerjasama bagi hasil adalahMuzâra`ah. Tinjauan hukum Islam terhadap akad kerjasama bagi hasilpenggarapan tanaman kentang secara garis besar sudah sesuai dengan rukun dansyarat serta syari’at Islam dan sesuai perjanjian di awal yang dilakukan secaralisan, meskipun akad hanya lisan tanpa adanya tertulis tidak menjadi masalah bagimasyarakat yang melakukannya. Namun dalam pembagiannya kadang masihmenggunakan kebiasaan masyarakatnya yaitu secara sukarela karena masihmemikirkan hubungan kekeluargaan.
Kata kunci : Kerjasama bagi hasil, , Muzâra`ah , Muamalah, Rukun, Syarat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2019070010
Dosen Pembimbing
Akmal Bashori, S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Nurma Khusna Khanifa, S.H., M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74234
Edisi
Published
Departement
Hukum Ekonomi Syari'ah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail