ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP JUAL BELI LARVABLACK SOLDIER FLY(Studi Kasus di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP JUAL BELI LARVABLACK SOLDIER FLY(Studi Kasus di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo)

XML

Skripsi ini berjudul “Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Jual Beli Larva BlackSoldier Fly”, yang dilakukan dalam studi kasus di Desa Maron Kecamatan GarungKabupaten Wonosobo, adapun penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (fieldrisearch) yang bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian, yaitu: 1. BagaimanaPraktik Jual Beli Larva Black Soldier Fly di Desa Maron Kecamatan Garung KabupatenWonosobo?. 2. Bagaimana Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Jual Beli Larva BlackSoldier Fly di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo?.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dihimpun melaluiwawancara dan observasi terhadap para responden dan informan yang relevan denganfenomena ini. Data yang terhimpun, selanjutnya menggunakan deskriptif analisis denganmetode induktif yakni peneliti membiarkan permasalahan muncul dari data atau dibiarkanterbuka untuk interpretasi yaitu memberikan sebuah pendapat tentang bagaimana hukumdalam praktik jual beli Larva Black Soldier Fly.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Islam membolehkan praktik jual beliLarva Black Soldier Fly karena dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ternak. DalamFiqh Muamalah melalui analisis maslahah mursalah telah memberikan syarat – syarat dalammemverifikasi mana yang dipandang maslahah dan mana yang tidak. Denganmengklasifikasikan pada jenis – jenis maslahah menurut segi kandungannya. Hal inidilakukan agar menghindarkan manusia dari pengaruh spekulatif manusia yang hanyaberdasarkan kepentingan egonya dalam menalar dan mempertimbangkan suatu maslahah.
Kata kunci : Jual Beli, Maslahah Mursalah, Larva Black Soldier Fly.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuliah - Personal Name
Student ID
2018070021
Dosen Pembimbing
Nurma Khusna Khanifa, S.H., M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Akmal Bashori, S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74234
Edisi
Published
Departement
Hukum Ekonomi Syari'ah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail