PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MERGER TIGA BANK SYARIAH (Studi Penelitian di Kecamatan Pemalang)

Detail Cantuman

Prodi Perbankan Syariah

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MERGER TIGA BANK SYARIAH (Studi Penelitian di Kecamatan Pemalang)

XML

Perbankan Syariah Indonesia menjadi perbincangan hangatawal tahun 2021. Dimana tiga bank syariah milik Pemerintah, kinimenjadi satu kesatuan dan berubah nama menjadi Bank SyariahIndonesia (BSI). Pada 1 Februari 2021, Bank Syariah Indonesia (BSI)mulai beroperasi untuk melayani nasabah di Indonesia. Kehadiran BSImenjadi sebuah harapan yang bisa memberikan kontribusi besar dalammendukung pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraanmasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsimasyarakat terhadap merger tiga bank syariah. Setelah merger, munculbeberapa persepsi dari masyarakat dimana persepsi tersebut menjadipersoalan yang akan mempengaruhi persepsi yang berbeda-beda darimasyarakat. Persepsi yang berbeda-beda menyebabkan faktor-faktoryang melatarbelakangi persepsi masyarakat dalam memilih menabungdi bank syariah pasca merger.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan denganmenggunakan analisis data metode deskriptif kualitatif. Teknikpengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah persepsi dari masyarakat terhadapmerger tiga bank syariah sangat beragam, sebagian dari masyarakatmerespon merger bank ini dengan respon yang negatif, diantaranya: a)bahwa bank syariah setelah dimerger lebih banyak potongan, b) untukaplikasi BSI mobile yang seharusnya memudahkan nasabah malahmenyulitkan nasabah, c) pengetahuan masyarakat terhadap merger banksyariah, dimana masyarakat berpendapat bahwa bank syariah dan bankkonvensional sama saja mengandung riba. Hanya saja di bank syariahbukan riba namanya melainkan keuntungan/margin. Selain responnegatif, ada juga respon positif dari masyarakat: a) mendukungperekonomian Islam di bidang perbankan, b) Bank Syariah Indonesia(BSI) sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, c) lokasi BankSyariah Indonesia (BSI) yang mudah dijangkau. Dari persepsimasyarakat ini muncul faktor yang melatarbelakangi persepsimasyarakat dalam memilih menabung di bank syariah pasca merger,yaitu: faktor minat, faktor religius, faktor pengetahuan, dan faktorkeluarga.

Kata Kunci: Merger Bank Syariah, Persepsi Masyarakat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Devi Triningsih - Personal Name
Student ID
2018230005
Dosen Pembimbing
Mila Fursiana Salma M, S.H.I., M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Ainun Khabib, M.E.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61206
Edisi
Published
Departement
perbankan syariah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail