TINJAUAN SAD ADZ-DZARI'AH TERHADAP TERNAK LIAR RELEVANSINYA DENGAN PERDES NO 5 TAHUN 2018 (Studi kasus Di Desa Burat Kec. Kepil)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

TINJAUAN SAD ADZ-DZARI'AH TERHADAP TERNAK LIAR RELEVANSINYA DENGAN PERDES NO 5 TAHUN 2018 (Studi kasus Di Desa Burat Kec. Kepil)

XML

Hasil penelitian skripsi ini adalah penelitian ini dimana peneilitimengimplementasikan tinjauan sad adz- dzari’ah relavansinya dengan peraturanDesa No 5 Tahun 2018 di Desa Burat Kec.Kepil Kabupaten Wonosobo. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pemeliharaan hewan ternak belum berjalan sesuaidengan peraturan Desa No 5 Tahun 2018 di Desa Burat Kec Kepil hal ini jelasterlihat adanya kambing atau domba yang masih berkeliaran diladang, juga padasaat penjemuran kambing atau domba lepas dari tempatnya sehingga berda dijalan,ketempat kelahan warga,memesuki halaman warga.lemahnya pengawasan aparatur Desa itu sendiri, karna kurangnya komitmen daripemerinta Desa Burat Kec. Kepil, tidak ada alat menejemen seperti pihakorganisasi, satuan keamanan dari pihak pemerintah Desa untuk penertibanpemeliharaan hewan ternak berkaki empat ditambah lagi dari masyarakat masihbersifat apatis, rendahnya penegetahuan tentang hukum islam mengatur larangantindakan yang akan berdampak buruk (mafsadah) atau yang disebut sad adzdzari’ah. Tidak ada kesadaran dari masyarakat dimana masih mengagap “Apatis”.Dalam proses ini pemerintah harus berani mengambil resiko yaitu dimana beranibersikap tegas terhadap warganya, berani untuk mengondisikan, mendistribusikanhewan ternak yang berkeliaran secara bebas dan memberi sanksi kepada merekayang melangar atau mengabaikan ternaknya. Ketika hal ini dilakaukan peternakakan lebih sadar bahwa hewannya tidak akan melangar. Dengan ketentuan hukumsad adz zdari’ah maupun perdes.“Tinjauan Sadd adz-Dzari’ah terhadap ternak liar relevansinya dengan perdesNo.5 tahun 2018 (studi kasus di Desa Burat kec. Kepil)”. Dimana penulismengunakan metode penelitian kualitatif dimana permasalahan yang ada dan faktadilapangan dan didukung dengan pendekatan penelitian normatif empiris yaitudengan teknik pengumpulan data penelitian lapangan dan kepustakaan.Pelaksanaan perdes No.5 tahun 2108 tentang penertiban ternak liar padaprinsipnya belum efektif karna hasil penulisan dan wawancara lapangan bahwayang terjadi penyebab dimana ketidak jelasan, akurasi tujuan, ketepatan waktu,pengambilan keputusan dan akurasi pengukuran oleh lembaga penegak hukumlokal dari perspektik otoritas pengatur lokal. Dan situasi lingkungan ,itu satuankelembagaan desa maupun pihak instasi yang terkait di Desa Burat untukmenegakkan perdes.Perlunya adanya sanksi tegas dari pihak pemerintah Desa, dimna penertibanternak liar seperti kerbau,sapi kambing, domba dan hewan unggas. Dan instansi yang terkait sekiranya bekerjasama untuk meningkatkan sosialisasi menyeluruh,merata perlunya razi keliling terhadap hewan yang dibiarkan pemiliknya tindakkidengan sunguh-sungguh dan bisa meminimalisir rasa ampun pagi warga yangmelangar perdes tersebut.
Kata kunci: Urgensi peraturan desa, tinjauan sad adz-dzari’ah,ternak liar berkakiempat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Badrul Ma’arif - Personal Name
Student ID
2017070046
Dosen Pembimbing
Akmal Bashori, S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Handoyo, S.Sy., M.Ag. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74234
Edisi
Published
Departement
Hukum Ekonomi Syari'ah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail