EVALUASI KAPASITAS LAHAN PARKIR PASAR KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

EVALUASI KAPASITAS LAHAN PARKIR PASAR KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

XML

Pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor dan peningkatan aktifitas kegiatan masyarakat yang berkembang sedemikian pesat di pusat perbelanjaan modern maupun tradisoinal serta faktor pertumbuhan prasarana transportasi yang meningkat pesat sehingga membutuhkan lahan parkir yang luas dan memadahi bagi pengunjung pasar agar tidak mengakibatkan timbulnya On street parking di luar area parkir. Sehingga sangat penting sekali untuk mengetahui berapa kapasitas dan kebutuhan parkir pasar kretek saat ini.
Berdasarkan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (1996) menyatakan bahwa parkir adalah suatu keadaan tidak bergerak dari suatu kendaraan yang tidak bersifat sementara. Parkir menurut kamus Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai tempat perhentian kendaraan beberapa saat. Sedangkan Joko Murwono (1996) berpendapat, parkir merupakan keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang tidak bersifat sementara dan pengemudi meninggalkan kendaraannya termasuk kepentingan menaikkan dan menurunkan orang atau barang.
Penelitian ini dilakukan secara langsung dilapangan, yaitu dengan cara survey langsung ke pasar Kertek kabupaten wonosobo dengan cara menghitung berapa jumlah kendaraan keluar masuk dia area pasar kretek. Baik jumlah kedaraan keluar masuk pada area parkir Petak 1. Petak 2, dan Petak 3, bahkan juga menghitung jumlah kendaraan keluar masuk pada area On Street parking 1 dan On Strret parking 2.
Penelitian ini menggunakan pedoman teknis penyelenggara parkir Direktorat Jendral Perhubungan Darat 1996 yaitu dengan cara mengetahui karakteristik Parkir meliputi: Akumulasi parkir, Volume Parkir, Indeks Parkir, dan Durasi Parkir.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas parkir Pasar kretek yang tersedia yaitu 1000m untuk 29 mobil. sedangkan kebutuhan parkir adalah seluas 1.649m 2 untuk 665 sepeda motor, dan 438 m 2 untuk 847 sepeda motor dan 985m 2 2 untuk 55 mobil. sehingga dapat diasumsikan bahwa kapasitas yang tersedia masih kurang untuk memenuhi kebutuhan parkir. untuk meningkatkan kapasitas parkir maka dapat dilakukan dengan cara penertiban pedagang yang ada di area parkir. setelah dilakukan pertiban maka terjadi peningkatan kapasita parkir menjadi 1.500 m untuk 48 mobil. dengan melakukan pertiban tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan parkir pasar kretek, maka untuk pengelola pasar diharapkan menyediakan lahan atau menambah kapasitas lahan parkir agar mampu menampung kebutuhan parkir di area parkir pasar Kertek Kabupaten Wonosobo.
Kata Kunci: Kapsitas dan Kebutuhan parkir, Karakteristik parkir, Pasar Kertek. 2 untuk 736 sepeda motor dan 1.030m 2.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Muhammad Yusuf - Personal Name
Student ID
2017147001
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail