ANALISA PRODUKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK PENGASPALAN PRESERVASI JALAN PEJAGAN – PRUPUK – TEGAL – Bts. BANYUMAS/BREBES – WANGON.

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISA PRODUKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK PENGASPALAN PRESERVASI JALAN PEJAGAN – PRUPUK – TEGAL – Bts. BANYUMAS/BREBES – WANGON.

XML

Dalam suatu proyek pekerjaan, tidak mungkin tidak menggunakan alat berat. Begitu pula dengan proyek pembangunan jalan, sumber daya alat berat menjadi faktor utama dalam pelaksanaan suatu proyek jalan. Oleh karena itu peran aktif manajemen merupakan salah satu kunci utama keberhasilan pengelolaan proyek yaitu dalam peninjauan jadwal proyek untuk menentukan langkah perubahan mendasar agar keterlambatan penyelesaian proyek dapat dihindari atau dikurangi.
Pekerjaan suatu proyek biasanya terjadi beberapa kendala, baik kendala yang sudah diperhitungkan maupun kendala diluar perhitungan perencanaan. Kendala tersebut menjadi penyebab keterlambatan pelaksanaan pekerjaan proyek, sehingga proyek tersebut tidak berlangsung sesuai rencana. Menurut (Setiawati, 2013), menyatakan bahwa salah satu keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan alat berat yaitu, Ekonomis, karena alasan efiensi, keterbatasan tenaga kerja, keamanan dan faktor-faktor ekonomi lainya.
Untuk dapat menganalisa produktivitas suatu proyek dapat dilakukan dengan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan melakukan wawancara dengan narasumber terkait dan observasi langsung dengan mengamati kegiatan pekerjaan proyek. Setelah menganalisa produktifitas pekerjaan penghamparan dan pemadatan aspal dapat terselesaikan dengan menggunakan 20 unit dump truk dengan waktu 35 jam, 1 unit asphalt finisher dengan waktu 35 jam, 1 unit asphalt sprayer dengan waktu 14 jam, 1 unit tandem roller dengan waktu 56 jam, 2 unit pneumatic tire roller dengan waktu 28 jam dengan total volume aspal 2,915.55 ton dan volume tack coat 9,720 liter.
Dalam melaksanakan penelitian produktifitas dianjurkan melakukan pengamatan lebih mendetail terkait kendala seperti penertiban lalu lintas, kondisi medan, kelayakan alat dan tenaga ahli yang berpengalaman sehingga dapat menghindari keterlambatan dalam pelaksanaan proyek.
Kata kunci : Produktivitas, Efisiensi Waktu, Alat Berat, AC-WC, Wangon.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Muhamad Sihab - Personal Name
Student ID
2017140087
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Alfin., S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail