PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH GENTENG TANAH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN FILLER TERHADAP NILAI STABILITAS MARSHALL DENGAN PENGGUNAAN ASPAL PENETRASI 80/100 (AC-WC).

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH GENTENG TANAH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN FILLER TERHADAP NILAI STABILITAS MARSHALL DENGAN PENGGUNAAN ASPAL PENETRASI 80/100 (AC-WC).

XML

Lapisan perkerasan merupakan bagian paling penting dari konstruksi jalan untuk menopang beban lalu lintas kendaraan. Jalan yang aman dan nyaman dibutuhkan manusia untuk memperlancar perjalanan yang bebas dari hambatan. Kerusakan jalan banyak terjadi sebelum akhir umur rencana, Disebabkan jumlah kendaraan yang meningkat setiap tahunnya. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan campuran agregat aspal, mencegah kerusakan dini jalan, seperti retak, gouging (jalur kendaraan) dan bleeding.
Filler adalah material berbutir halus yang lolos saringan 200 (0,075 mm) dan berfungsi sebagai bahan pengisi dalan lapisan aspal, filler yang akan ditambahkan harus kering dan tidak menggumpal, jika diuji dengan pengayakan sesuai SNI03 - 1968 – 1990 harus mengandung bahan yang lolos ayakan No.200 (75 micron) tidak kurang dari 75% terhadap beratnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari penggunaan aspal penetrasi 80/100 terhadap filler genteng tanah dan semen, serta mengetahui pengaruh penggunaan aspal penetrasi 80/100 yang ditambahkan pada campuran bubuk genteng tanah sebagai filler. Pelaksanaan penelitian dan bahan yang digunakan didapat dari Laboratorium P.T Sutikno Tirta Kencana yang terletak di Desa. Jenggawur, Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, Prov. Jawa Tengah dengan menggunakan variasi bahan pengisi (filer) dengan kadar bubuk genteng 1% dan 2% terhadap berat total agregat dan kadar aspal yang digunakan 6%.
Setelah dilakukan penelitian dan pengujian terhadap sampel briket aspal, maka didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh nilai uji marshall dengan penggunaan aspal penetrasi 80/100 terhadap campuran, peningkatan maksimum terjadi pada percobaan dengan variasi campuran bubuk genteng 1% : semen Portland 1%, didapatkan nilai flow = 4,43 mm, dan stabilitas = 2256,6 kg.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan filler bubuk genteng dan semen Portland dengan pengginaan aspal penetrasi 80/100 dapat meningkatkan nilai VIM, VMA, VFB, satbilitas, flow, MQ dan nilai stabilitas marshall setelah perendaman.
Kata kunci : filler, bubuk genteng, stabilitas marshall, AC-WC.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Hafidin - Personal Name
Student ID
2017140066
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Alfin., S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Ketua Penguji
agus juara, S.T.,M.T. - - Penguji 1
Ahmad Alfin, S.T., M.T. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail