PERENCANAAN JARINGAN PIPA AIR BERSIH (PAMSIMAS) DESA PANDANARI KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH.

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

PERENCANAAN JARINGAN PIPA AIR BERSIH (PAMSIMAS) DESA PANDANARI KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH.

XML

Desa Pandansari, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah merupakan salah satu desa yang masih mengalami kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Pada musim kemarau masyarakat seringkali mengandalkan truk air tangki air bersih yang disediakan pemerintah setempat.
Sistem perencanaan air bersih di Desa Pandansari di rencanakan untuk memenuhi kebutuhan air hingga tahun 2038. Proyeksi jumlah penduduk rencana dilakukan dengan menggunakan 3 metode yaitu Geometrik, Time Series dan Eksponensial. dan dilanjutkan dengan peritungan secara manual dan menggunakan softwere Epanet 2.2.
Data-data yang digunakan diperoleh dari hasil observasi lapangan dan bantuan dari pemerintah setempat, berupa debit mata air, elevasi, jumlah penduduk dan peta wilayah.
Mata air didesa pandansari memiliki debit 5,48 lt/dt yang di akan di gunakan untuk penduduk sebanyak 4860 jiwa di tahun 2038 dengan metode perhitungan Eksponensial. Dengan kebutuhan tersebut di dapat hasil perhitungan berupa panjang total jaringan pipa 1439,86 dan menggunakan pipa berjenis PVC. Anggaran yang di gunakakan untuk pembangunan jaringan pipa ini adalah sebesar Rp. 1.519.616.000,00 (satu milyar lima ratus sembilan belas juta enam ratus enam belas ribu rupiah). Dengan arga air per m 3 Rp. 650,00 (enam ratus lima puluh rupiah) / m 3 .
Mata air di desa pandansari memiliki potensi untuk dijadikan sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari sehingga perlu adanya upaya untuk pemanfaatan di desa tersebut agar masyarakat tidak lagi mengalami keurangan air berih pada musim kemarau.
Kata Kunci = Jaringan Pipa Desa Pandansari Kejobong, PAMSIMAS wilayah Pandasari, Jaringan Pipa Pandansari.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Nur Rizal Affany - Personal Name
Student ID
2017140051
Dosen Pembimbing
Ir. H. Suharto. M.Eng - - Dosen Pembimbing 1
Nasyiin Faqih. ST.MT. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail