Prodi Teknik Sipil
PENGARUH KEGIATAN ON STREET PARKING TERHADAP BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (Studi Kasus : Jl. Veteran Banjarnegara)
XMLRuas Jalan Veteran Banjarnegara, Jawa Tengah merupakan jalur dalam kota. dengan hambatan samping on street parking yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada ruas jalan dan nilai BOK saat terjadi gangguan karena adanya on street parking yang akan dibandingkan dengan saat kondisi normal. Jalan perkotaan adalah jalan yang terdapat perkembangan secara permanen dan menerus di sepanjang atau hampir seluruh jalan, minimum pada satu sisi jalan, baik berupa perkembangan lahan atau bukan. Jalan di atau dekat pusat perkotaan dengan penduduk lebih dari 100.000 digolongkan dalam kelompok ini. Jalan di daerah perkotaan dengan jumlah penduduk yang kurang dari 100.000 juga digolongkan dalam kelompok ini jika perkembangan samping jalan tersebut bersifat permanen dan terus menerus (MKJI ,1997). Kinerja ruas jalan dan hambatan samping dijalan Veteran Banjarnegara dapat dihitung dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia MKJI 1997. Untuk menegetahui nilai biaya operasional kendaraan (BOK) dicari menggunakan metode PCI. Penelitian ini diakukan sepanjang 200 meter di jalan Veteran Banjarnegara, Area Pasar Induk Banjarnegara yang mengalami gangguan arus lalu lintas akibat adanya on street parking. Survei yang dilakukan pada penelitian ini yaitu survei volume lalu lintas, dan survei kejadian hambatan samping. Dari penelitian didapat hasil bahwa adanya kegiatan on street parking mengakibatkan penurunan kapasitas jalan dari 3.147,66 smp/jam menjadi 1.315,44 smp/jam, kenaikan DS dari 0,18 smp/jam menjadi 0,44 smp/jam, penurunan kecepatan arus bebas dari 53 km/jam menjadi 38,9 k/jam, dan penurunan ITP dari A ke B. Mengetahui nilai biaya operasional kendaraaan pada saat terjadi on street parking mengalami kerugian sebeasar Rp. 1.354,08 per hari atau 24,038% dari kondisi tanpa hambatan samping on street parking. PERPUS FASTIKOM UNSIQ Untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya disarnakan untuk lebih teliti didalam pengambilan data masukan penelitian, untuk data volume lalu lintas lebih baik dilakukan lebih dari 3 hari termasuk hari kerja dan hari libur untuk mendapat data yang lebih akurat, begitu juga dengan pengambilan data hamabtan samping.
Kata kunci : Kinerja ruas jalan,Hambatan Samping, BOK, MKJI 1997.
Detail Information
Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
---|---|
Penulis |
Sugiyat - Personal Name
|
Student ID |
2016140045
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |