PENELITIAN KINERJA KELAS JALAN DAN KERUSAKAN JALAN SEBAGAI ACUAN PERENCANAAN ULANG LAPIS PERKERASAN JALAN DI JL. NASIONAL III KAB. BANYUMAS ( POLSEK TAMBAK –PASAR TAMBAK)

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

PENELITIAN KINERJA KELAS JALAN DAN KERUSAKAN JALAN SEBAGAI ACUAN PERENCANAAN ULANG LAPIS PERKERASAN JALAN DI JL. NASIONAL III KAB. BANYUMAS ( POLSEK TAMBAK –PASAR TAMBAK)

XML

Jalan memiliki peranan penting dalam berbagai sektor, salah satunya yaitu perkembangan ekonomi. Sehingga keadaan jalan dan jaringan jalan dapat menjadi barometer kemajuan ekonomi di suatu daerah. Dengan meningkatnya perkembangan sektor perekonomian, dan bertambahnya kepemilikan kendaraan yang menyebabkan meningkatnya volume lalu lintas, dan terkadang peningkatan volume lalu lintas ini tidak diikuti dengan peningkatan jalan yang ada. Faktor penyebab kerusakan jalan, timbul banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan jalan contohnya : peningkatan lalu lintas, proses pemadatan lapisan diatas tanah kurang baik, cuaca, matrial kontruksi tidak sesuai dengan kebutuhan, dan drainase yang tidak berjalan dengan baik. Dalam mengevaluasi kerusakan jalan perlu ditentukan : Jenis kerusakan (Distress Type) dan penyebabnya, Tingkat kerusakan (Distress Severity), serta Jumlah kerusakan (Disstress Amount). Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosentase kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut dan memberikan solusi peningkatan jalan supaya mampu memikul beban yang ada. Serta memberikan informasi mengenai jenis kerusakan jalan yang terjadi di ruas jalan tersebut, faktor penyebab kerusakan jalan serta upaya peningkatannya Menurut metode PCI menunjukkan bahwa dengan luas Ruas JL. NASIONAL III (Pasar Tambak - Polsek Tambak) 27.300 m terdapat kerusakan sebesar 3062,852 m 2 atau 11,2 %. dan tingkat kelayakan jalan sebesar 55 %. Hasil tersebut menyatakan bahwa nilai tersebut masih masuk ke nilai kondisi sedang (Fair). (Program Pemeliharaan Berkala.) Menurut metode Binamarga hasil Untuk hasil evaluasi penilaian kerusakan jalan didapatkan nilai kerusakan sebesar 21, masuk dalam nilai kondisi jalan 7, serta nilai kelas jalan masuk pada kelas 6, dan berdasarkan urutan prioritas masuk dalam urutan prioritas 4 yang berati kondisi jalan masih buruk harus dilakukan Program Pemeliharaan Berkala. 2 Agar hasil perencanaannya lebih valid atau sempurna, perlu adanya data pendukung tentang data LHR tahun-tahun sebelumnya untuk mengetahui tingkat pertumbuhan lalu-lintas. Dan drainase jalan dibuat yang permanen dan diensinya disesuaikan dengan debit yang ada, agar air tidak meresap ke badan jalan yang mengakibatkan kerusakan struktur pondasi jalan.
Kata Kunci : Kerusakan Jalan, PCI (Pavement Condition Index) Binamarga.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Sukmo Aji Prabowo - Personal Name
Student ID
2018140065
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Tri Hidayat,S.T.,M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agus Juara, S.T.M.T - - Penguji 1
Tri Hidayat,S.T.,M.T - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail