PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA SISWA MTs. MA’ARIF NU SUKOHARJO WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA SISWA MTs. MA’ARIF NU SUKOHARJO WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan metode peran guruPendidikan Agama Islam dalam mengembangkan karakter kepemimpinan padasiswa MTs. Ma’arif Nu Sukoharjo, Wonosbo. 2) mengetahui implementasi peranguru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan karakter kepemimpinanpada siswa MTs. Ma’arif Nu Sukoharjo, Wonosbo. 3) mengetahui faktorpendukung dan faktor penghambat Pendidikan Agama Islam dalammengembangkan karakter kepemimpinan pada siswa MTs. Ma’arif Nu Sukoharjo,Wonosbo.Skripsi ini menggunakan pendekatan kulitatif dimana jenis penelitiannyabersifat field reaserch. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI,siswa MTs. Ma’arif Nu Sukoharjo, Wonosobo. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kemudian,sumber data diperoleh dari kata-kata dan tindakan yaitu diambil dari hasil observasi,hasil dari wawancara, hasil dari angket, dan hasil dari dokumentasi. Adapun teknikanalisis yang digunakan yaitu analisis data Miles Huberman dan dikuatkan denganmodel triangulasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep Peran Guru PendidikanAgama Islam dalam Mengembangkan Kakarter Kepemimpinan pada Siswa MTs.Ma’arif NU Sukoharjo merupakan suatu usaha yang dilakukan untukmempengaruhi siswa supaya mampu menjadi seorang pemimpin yang memilikikarakter taggung jawab penuh, semangat belajar guna mencapai tujuan pendidikanyang baik. 2) Bentuk implementasi Guru Pendidikan Agama Islam dalamMengembangkan Karakter Kepemimpinan pada Siswa MTs. Ma’arif Nu Sukoharjoada beberapa cara, yaitu : Pembiasaan pagi dengan sholat dhuha berjamaah ,membaca asmaul husna, -yasin dan tahlil, kegiatan ekstra kulikuler yang diadakansetiap minggu dan kegiatan bulanan yang ada pada organisasi IPNU/IPPNU sertaOSIS. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan karakterkepemimpinan pada siswa MTs Ma’arif Nu Sukoharjo, Wonosobo terdapat faktorpenghambat dan pendukung, diantaranya: Faktor Penghambat yaitu Siswa yangmalas, Kemajuan teknologi yang tidak digunakan secara tepat, Pergaulan siswayang tidak terawasi. Faktor Pendukung yaitu Sarana prasarana sekolah, Kegiatanpenunjang KBM, dan Organisasi siswa.
Kata kunci: Guru PAI, pengembangan, karakter kepemimpinan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuli Sartika Heriyani - Personal Name
Student ID
2019010012
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail