ANALISIS KETERLAMBATAN PADA PROYEK KPBU PERGANTIAN DAN/ATAU DUPLIKASI JEMBATAN CALLENDER HAMILTON (JEMBATAN PEDES BREBES) MENGGUNAKAN METODE CPM DAN DIAGRAM NETWORK

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISIS KETERLAMBATAN PADA PROYEK KPBU PERGANTIAN DAN/ATAU DUPLIKASI JEMBATAN CALLENDER HAMILTON (JEMBATAN PEDES BREBES) MENGGUNAKAN METODE CPM DAN DIAGRAM NETWORK

XML

Permasalahan suatu proyek kontruksi yang menjadi penyebab terlambatnya suatu pekerjaan merupakan kegagalan dalam penerapan manajeman proyek yang kurang baik sehingga proyek tidak dapat selesai sesuai dengan biaya, mutu dan waktu yang sudah ditetapkan. Apabila target waktu selesainya suatu proyek mundur dari waktu yang sudah ditetapkan, maka akan mengakibatkan perubahan biaya (cost) yang dikeluarkan oleh pihak proyek menjadi lebih besar.
Keterlambatan yang terjadi pada sebuah proyek konstruksi adalah keterlambatan pada proses pengerjaan sebagai penambahan waktu melebihi tanggal penyelesaian suatu proyek yang sudah disetujui oleh semua pihak, dan tidak sesuai jika dibandingkan dengan Time Schedule yang sudah direncanakan.
Untuk bisa mengetahui keterlambatan proyek ini dibutuhkan suatu analisis salah satunya dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Methode) yang merupakan dasar dari sistem perencanaan dan pengendalian pekerjaan yang didasarkan pada network atau jaringan kerja.
Setelah menganalisa dan dilakukan penjadwalan ulang menggunakan critical path method (CPM) dengan melakukan penambahan jumlah tenaga kerja dan penambahan alat berat maka pelaksanaannya dapat diselesaikan dalam waktu 161 hari, sedangkan waktu pelaksanaan yang diberikan 330 (hari). Berarti akan ada penghematan waktu 169 (hari) atau 50%.
Implikasi penelitian ini terhadap kontraktor, diharapkan untuk pihak kontraktor pelaksana agar terhindar dari keterlambatan pekerjaan dengan melakukan antisipasi dan peninjauan kembali terkait pengendalian waktu proyek agar pelaksanaan kegiatan proyek dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta dapat meminimalisir adanya keterlambatan proyek.
Kata kunci : Keterlambatan proyek, CPM, Pengendalian waktu.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Fidiyanto - Personal Name
Student ID
2019140128
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ir. H. Suharto. M.Eng - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agus Juara, S.T.M.T - - Ketua Penguji
Ir. H. Suharto, M.Eng. - - Penguji 1
Tri Hidayat,S.T.,M.T - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail