PENERAPAN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA DI MTs ANDALUSIA BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA DI MTs ANDALUSIA BANJARNEGARA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi program boardingschool dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa; 2) Mengetahui implikasiprogram boarding school dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa; 3) Sertadapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem boardingschool dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa.Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan pendekatan lapangan,kualitatif, deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metodeobservasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalahkepala sekolah, guru dan siswa. Diambil beberapa sampling siswa gunamenganalisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan Teknik AnalisaKualitatif Lapangan yang kemudian dijabarkan secara deskriptif.Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga hasil temuan yaitu meliputi: 1)Implementasi program boarding school dalam pembentukan karakter kedisiplinansiswa. Adapun implementasi program boarding school dalam pembentukankarakter kedisiplinan siswa antara lain: semua yang menyangkut kegiatan siswadari bangun tidur hingga tidur lagi. Semua dilakukan guna membentuk karakterkedisiplinan siswa. Yang mana programnya dibentuk melalui kegiatan akademik,keagamaan serta terdapat ekstrakurikuler yang mana kegiatannya seperti sholatdhuha, sholat berjemaah, muhadhoroh, muroja’ah, piket asrama, olahraga, mengajibersama, dan keorganisasian; 2) Implikasi program boarding school dalampembentukan karakter kedisiplinan siswa mempunyai dua dampak, yakni Implikasipositif, terbentuknya akhlakul karimah pada siswa asrama, munculnya sikapdisiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin ibadah, bertambahnya ilmu pengetahuansehingga prestasi siswa meningkat dan kemudian terdapat Implikasi negatif, yaitusiswa mengalami keletihan fisik, siswa kurang perhatian bahkan mengantuk padasaat pembelajaran di madrasah dan sekolah; 3) Faktor pendukung terbentuknyakarakter kedisiplinan siswa yaitu tersedianya fasilitas yang mendukung kegiatanasrama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang yang berbeda-beda antar siswa.
Kata Kunci: Boarding School, Pembentukan Karakter, Kedisiplinan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Syarif Dwiyanto - Personal Name
Student ID
2019010443
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Sofan Rizqi, Alh., S.Pd.I.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Chairanti Astina M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail