PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

XML

kripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapanxxiiMetode Peta Konsep dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTsBuluspesantren; 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan MetodePeta Konsep dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTS Buluspesantren; 3)Untuk mengetahui bagaimana kendala yang ada ketika pembelajaran SKImenggunakan Metode Peta Konsep.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitiannya bersifat lapangan. Dalam pengembangannya penelitian inimengunakan metode deskriptif. Sumber data yang ada diperoleh dari data primerdan sekunder berupa buku SKI, buku Metode Pembelajaran, jurnal-jurnalreferensi yang berkaitan dengan metode pembelajaran, skripsi terdahulu, artikelartikelsertasitusinternet.Selainitusumberdatadiperolehdarisubjekpenelitianyaitukepala sekolah, waka kurikulum, guru SKI dan siswa kelas VIII di MTsBuluspesantren Kebumen. Teknik sampling yang digunakan menggunakansimple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi diambil secaraacak tanpa memeperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknikpengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Observasi digunakan peneliti untuk mendapatkan data mengenaibagaimana penerapan Metode Peta Konsep pada mata pelajaran SKI kelas VIIIdi MTs Buluspesantren, wawancara digunakan untuk menggali informasimengenai dampak serta kendala yang ada saat penggunaaan Metode Peta Konseppada siswa, kemudian dokumentasi digunakan penulis untuk memperoleh datatentang gambar proses pelaksanaan pembelajaran SKI ketika menggunakanMetode Peta Konsep.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Peta Konsepdi MTs Buluspesantren dilakukan dengan berbagi macam cara seperti membuatbagan peta konsep dipapan tulis, powerpoint, serta memberi tugas kepada siswauntuk membuat peta konsep; 2) Penerapan Metode Peta Konsep memilikidampak yang baik karena mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam prosespembelajaran; 3) Kendala yang ada yaitu adanya siswa yang kirang terampil dantelaten dalam pembuatan peta konsep. Kendala tersebut dapat diupayakandengan cara guru sebagai pendidik mampu memahami karakter siswanya.
Kata kunci: Metode, Peta Konsep, SKI


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sulastri - Personal Name
Student ID
2019010233
Dosen Pembimbing
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail