STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaranpendidikan agama islam dalam peningkatan mutu pendidikan siswa di SMP N 2Wonosobo. (2) Untuk mengetahui Faktor apa yang menjadi pendukung danpenghambat strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatanmutu pendidikan siswa kelas VIII SMP N 2 Wonosobo. (3) Untuk mengetahuiupaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaranpendidikan agama islam dalam peningkatan mutu pendidikan siswa kelas VIIISMP N 2 Wonosobo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Studilapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentukdeskripsi. Teknik pengumpulan data mengunakan metode obsevasi, wawancaradan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan pada analisisdata Studi lapangan kualitatif adalah penyajian data, reduksi data dan penarikankesimpulan. Teknik tersebut digunakan peneliti sebagai bahan acuan penulisandalam penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan padahasil akhir penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru PAI dalammeningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 2 Wonosobo mengunakan strategisaintifik, masalah, diskusi dan penugasan, supaya anak mampu berkembang ataumampu mandiri. Hal ini diperoleh darihasil wawancara guru pai, strategi yangdigunakan guru PAI di SMP N 2 Wonosobo dalam peningkatan pembelajaranmegunakan strategi tersebut terlihat peningkatan bahwa siswa yang tidak aktifdalam pembelajaran menjadi aktif karena siswa mencari dan menemukan sendirimateri pembelajaran. Sedangkan kendala yang dihadapi guru PAI dalampeningkatan pembelajaran yaitu kurangnya minatbelajar siswa dan kurangnyamotivasi orangtua untuk mendorong anaknya untuk belajar. Maka usaha yangdilakukan guru PAI terhadap anak yang tidak berminat dalam belajar yaitu denganmemberikan perhatian, guru PAI lebihmendekatkan diri pada siswa. Sehinggasiswa merasa diperhatikan dan akan bersemangat dalam belajar.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, PeningkatanMutu Pendidikan Siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Jamilatun Azizah - Personal Name
Student ID
2018010163
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail