IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MENUJU PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MENUJU PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL)

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana konsepPendidikan Islam dan Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skill); 2)Untuk mengetahui bagaimana Reorientasi Pendidikan Islam Menuju KecakapanHidup (Life Skill); 3) Untuk mengetahui Implikasi Pendidikan Kecakapan Hidup(Life Skill) dalam Pendidikan Islam.Dalam penulisan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan oleh penulisadalah metode penelitian kualitatif, dengan menekankan pada kekuatan analisisdata pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupaangka-angka melainkan berupainterpretasi dan kata-kata. Sedangkanpengumpulan datanya dilakukan dengan menggunkan library research denganmengkaji buku: Kecakapan hidup Life Skill Melalui Pendekatan PendidikanBerbais Luas yang disusun oleh Tim Broad Based Education Depdiknas (2005),Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup yang disusun oleh Tim BroadBased Education Depdiknas (2006) sebagai data primernya, serta dari buku-bukupendidikan yang ada relevansinya dengan obyek penelitian ini, yang dijadikandata sekunder. Kemudian data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisismenggunakan conten analysis yaitu dengan megumpulkan dan menyusun datauntuk menarik kesimpulan dari karekteristik pesan yang tergambar dalam datayang dilakukan secara objektif dan sistematis.Dan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Islam dankecakapan hidup adalah sebuh komponen yang tidak bisa dipisahkan, karenakeduanya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam hubungannya dengankehidupan. 2) Penelitian ini juga menunjukkan bahwanya konsep kecakapanhidup dapat digunakan sebagai arah baru pendidikan Islam, dengan melakukanintegrasi beberapa aspek kecakapan hidup dengan pendidikan Islam. 3) Kemudiansecara konseptual pendidikan Islam sudah bisa mencerminkan pendidikan yangberbasis kecakapan hidup, sehingga dari hasil penelitian ini dapat dilihatrelevansinya. Namun ada beberapa hal yang perlu dikritisi dalam pendidikanIslam, yaitu dalam kaitannya dengan pendidikan berbasis kecakapan hidup, yaitupada pores pelaksanaan pendidikan Islam itu sendiri, yang tidak mencerminkanterhadap unsur-unsur kecakapan hidup.
Kata Kunci: Reorientasi, Pendidikan Islam, Kecakapan Hidup.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Shulha Fatoni - Personal Name
Student ID
2019010270
Dosen Pembimbing
Dr. Robiyun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Ngatho'illah Linnajah, Lc., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail