KONSEP PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP BERBAKTI ANAK TERHADAP ORANG TUA (KAJIAN QUR‟AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 83)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP BERBAKTI ANAK TERHADAP ORANG TUA (KAJIAN QUR‟AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 83)

XML

Pendidikan memiliki unsur-unsur yang mempengaruhi dalam proseskeberlangsungannya yang meliputi: tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik,materi pendidikan, metode, media, dan alat pendidikan, beserta lingkunganpendidikan. Salah satu alat pendidikan yang menjadi cara/metode dalam mendidikanak adalah metode perintah dan larangan. Al-Qur‟an sebagai sumber utamapendidikan banyak memuat ayat-ayat yang berisi perintah dan larangan. Salahsatunya yaitu memuat tentang perintah dan larangan dalam berbakti kepadaorang tua sebagaimana dalam QS. Al-Baqarah ayat 83.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan dari quran sura alaqara ayat 83 serta untuk mengetahui pendidikan berbakti kepada orang tuadalam QS. Al-Baqarah ayat 83. Penelitian ini merupakan penelitian denganpendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (libraryresearch). Sumber data primer yang digunakan dalam. Dalam pengumpulan datapeneliti menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakandalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis) yaitu melakukananalisis terhadap isi pesan atau komunikasi.Berdasarkan analisis data diketahui bahwa dalam QS. Al-Baqara ayat 83memuat unsur pendidikan berupa perintah dan larangan. Unsur perintah dalamAl-Qur‟an surat Al-Baqarah ayat 83 yaitu: 1) perintah untuk berbuat baikkepada orang tua; 2) perintah untuk berkata baik (mulia) kepada orang tua; 3)perintah untuk merendahkan diri di hadapan orang tua; 4) perintah untukmendoakan orang tua. Sedangkan unsur adat kebiasaan masyarakat, sehinggamerasa senang kepada kita, serta mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka yangsah dan wajar sesuai kemampuan kita sebagai seorang anak”.
Kata kunci: Pendidikan,berbakti kepada orang tua,QS. Al-Baqara ayat 83


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sefriyanti - Personal Name
Student ID
2016010303
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail