KONSEP ETIKA MENUNTUT ILMU DAN BELAJAR DALAMPERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN KITAB WAṢĀYĀL ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KONSEP ETIKA MENUNTUT ILMU DAN BELAJAR DALAMPERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN KITAB WAṢĀYĀL ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR)

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui konsep etika menuntut ilmu danbelajar dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil-Abnaa’ karya Syeikh MuhammadSyakir. 2) untuk mengetahui kontekstualisasi etika belajar dalam kitab WashoyaAl-Abaa’ Lil-Abnaa’ karya Syeikh Muhammad Syakir dalam perspektifpendidikan islam.Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakankepustakaan ( library research ) untuk pengumpulan data di peroleh lewat bukubuku,literature,makauntukitumengumpulkandata-datayangdiperolehpenulismenggunakanmetode kepustakaan diperoleh dalam metode ilmiah yangbersumber dari data primer dan sekunder.Hasil penelitian ini adalah: pertama konsep etika menuntut ilmu danbelajar dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil-Abnaa’. Karya syeikh MuhammadSyakir terdapat 13 adab yang harus diperhatikan yaitu: : (1) Bersungguh-sungguhdan penuh semangat, (2) Memanfaatkan waktu, (3) Membaca dan memahamipelajaran, (4) Bertanya dan berdiskusi, (5) Menciptakan situasi dan kondisi yangkondusif, 6. Patuh dan tunduk pada aturan, (7) Lebih memuliakan guru dari padaorang tua, (8) Tawadhu (rendah hati) (9) mencari ridho guru, (10) Membaca ulangpelajaran (muthola’ah), (11) Sopan santun, (12) Saling menghargai, (13)Tawakal. Kedua kontektualisasi etika belajar dalam kitab Washoya Al-Abaa’ LilAbnaa’Bahwa Mengutamakan etika sangat penting dalam segala hal. Disertaidengan adab yang baik kepada siapapun dan dalam keadaan apapun itu,mengingat anak-anak di zaman sekarang sudah sangat kurang berpegang padaetika-etika yang ada khususnya yang ada dalam dunia pendidikan. Dalammenuntut ilmu tidak hanya pendidik saja akan tetapi juga peserta didik pastilahikut berperan dalam proses pembelajaran tersebut. Mengutamakan adab sangatpenting untuk dijadikan kebiasaan, seperti di dalam kehidupan bermasyarakat,bagaimana kita beradab itu pasti berdampak terhadap pandangan mereka kepadakita. Selain berhubungan baik dengan sesama manusia, manusia juga harusberhubungan baik dengan penciptanya. Bagi peserta didik hal ini juga sangatpenting dalam menuntut ilmu, dengan Ridho-Nya kita mendapatkan ilmu yangbermanfaat melalui perantara guru yaitu dengan memuliakan danmenghormatinya. Dari setiap pembiasaan tersebut, terbentuklah manusia yang takhanya berilmu tetapi juga beradab.
Kata kunci: Etika,Ilmu Belajar, Pendidikan Islam.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Robiati - Personal Name
Student ID
2019010243
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Drs. H. Ali Imron, M. Ag. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Asep Sunarko, M.Pd.I - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail