STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022/2023

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagiamana nilai-nilaikarakter yang ditanamkan guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2Pagentan.; 2) Untuk mengetahui bagimana strategi guru Pendidikan agama islamdalam pembentukan karakter siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. 3)Untuk mengatahui bagaimana Bagaimana hasil penanaman nilai karakter yangditanamkan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pagentan.Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan, denganmenggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memaparkan data-data yangberhubungan dengan pembentukan karakter. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknikanalisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang ditanamkan olehguru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Pagentan adalah nilai religiusyaitu melalui shalat dzuhur berjama‟ah, membaca asmaul husna dan berdoasebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Kedua nilai kejujuran,dalammenanamkan sikap jujur siswa dibiasakan untuk bersikap yang jujur. Yang ketiganilai disiplin, guru pendidikan agama islam dalam menanamkan sikap disiplinpada siswa kelas VIII yaitu dengan mengumpulkan tugas tepat waktu, datangsekolah tepat waktu. Selanjutnya nilai tanggung jawab, guru pendidikan agamaislam dalam menerapkan sikap tanggung jawab yaitu dengan mengerjakan tugas .Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karaktersiswanya yaitu melalui keteladanan yaitu dengan guru memberikan contoh yangbaik kepada siswa, yang kedua dengan penanaman kedisiplinan, yang ketigaprogram-program pembiasaan seperti membaca asmaul husna sebelum kegiatanbelajar mengajar dimulai, dan pengkondisian lingkungan. Selanjutnya hasilpenanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas VIII . Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam pembentukankarakter siswa kelas VIII sudah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan berhasildalam perubahan pelaksanaan.
kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Qori Nurjanah - Personal Name
Student ID
2019010001
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin Nugroho, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail