Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022/2023
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagiamana nilai-nilaikarakter yang ditanamkan guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2Pagentan.; 2) Untuk mengetahui bagimana strategi guru Pendidikan agama islamdalam pembentukan karakter siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. 3)Untuk mengatahui bagaimana Bagaimana hasil penanaman nilai karakter yangditanamkan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pagentan.Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan, denganmenggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memaparkan data-data yangberhubungan dengan pembentukan karakter. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknikanalisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang ditanamkan olehguru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Pagentan adalah nilai religiusyaitu melalui shalat dzuhur berjama‟ah, membaca asmaul husna dan berdoasebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Kedua nilai kejujuran,dalammenanamkan sikap jujur siswa dibiasakan untuk bersikap yang jujur. Yang ketiganilai disiplin, guru pendidikan agama islam dalam menanamkan sikap disiplinpada siswa kelas VIII yaitu dengan mengumpulkan tugas tepat waktu, datangsekolah tepat waktu. Selanjutnya nilai tanggung jawab, guru pendidikan agamaislam dalam menerapkan sikap tanggung jawab yaitu dengan mengerjakan tugas .Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karaktersiswanya yaitu melalui keteladanan yaitu dengan guru memberikan contoh yangbaik kepada siswa, yang kedua dengan penanaman kedisiplinan, yang ketigaprogram-program pembiasaan seperti membaca asmaul husna sebelum kegiatanbelajar mengajar dimulai, dan pengkondisian lingkungan. Selanjutnya hasilpenanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas VIII . Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam pembentukankarakter siswa kelas VIII sudah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan berhasildalam perubahan pelaksanaan.
kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Qori Nurjanah - Personal Name
|
Student ID |
2019010001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |