KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR'AN KALIBEBER WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR'AN KALIBEBER WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Nebgetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Takhassus Al-Qur'an Kalibeber Wonosobo 2) Mengetahui bagaimana peran kepala sekolah perempuan di SMA Takhassus AL-Qur'an Kalibeber Wonosobo 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Takhassus Al-Qur'an Kalibeber Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder (data langsung dari lapangan, buku-buku skripsi terdahulu, artikel-artikel, dan situs internet). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model miles and Huberman. ANalisis pengumpulan data dilakukan dengan 3 hal utama yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaL 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Takhassus Al-Qur'an Kalibeber Wonosobo berbentuk demokratus dengan selalu mementingkan kepentingan bersama. Strategi dan kebijakan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas program pembelajaran tahfidz al-qur'an dengan kerjasama, musyawarah, serta mengikutsertakan pembina tahfidz dalam acara pelatihan atau workshop program pembelajaran tahfidz al-qur'an. 2) Peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Takhassus AL-QUr'an Kalibeber Wonosobo berperan sebagai penggerak, suri tauladan, educator, supervisor, leader, inovator, dan motivator dalam meningkatkan kualitas program pembelajaran tahfidz al-qur'an. 3) Kendala yang dihadapi kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Takhassus Al-Qur'an Kalibeber WOnosobo yakni terkait peserta didik yang kurang disiplin, target hafalan peserta didik dalam program pembelajaran tahfidz al-qur'an dan etika peserta didik. Kepala sekolah dan guru selalu mencari solusi mengenai perserta didik yang mengalami kendala dalam menghafal atau tidak dapat memenuhi target hafalan.
Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Perempuan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nurlita Dwi Oktavia - Personal Name
Student ID
2019010114
Dosen Pembimbing
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail