KARAKTERISTIK, POLA PERJALANAN DAN PREFERENSI MODA TRANSPORTASI MASYARAKAT DI KABUPATEN SUKOHARJO ( Study kasus : Perumahan Bumi Dukuh Asri, Perumahan Griya Jombor, Perumahan Muslim Cahaya Residence, dan Perumahan Walang Arum )

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

KARAKTERISTIK, POLA PERJALANAN DAN PREFERENSI MODA TRANSPORTASI MASYARAKAT DI KABUPATEN SUKOHARJO ( Study kasus : Perumahan Bumi Dukuh Asri, Perumahan Griya Jombor, Perumahan Muslim Cahaya Residence, dan Perumahan Walang Arum )

XML

Struktur kota yang masif dan sulit dilakukan perubahan. Lahan yang terbatas menyebabkan penumpukan aktivitas penduduk dipusat kota. Dengan semakin bertambahnya angka pertumbuhan manusia menyebabkan kebutuhan untuk tempat tinggal semakin padat. Perlu disadari bahwa sistem transportasi merupakan salah satu aspek yang tidak terpisahkan dari aspek lainnya yang membentuk kota sebagai sebuah sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pemilih, pola perjalanan masyarakat sukoharjo, faktor yang mempengaruhi pemilihan moda dan juga preferensi pemilihan moda masyarakat sukoharjo. Pemilihan moda terjadi sebagai akibat adanya kebutuhan akan pergerakan dan pergerakan terjadi karena adanya proses pemenuhan kebutuhan. Pemenuhan kebutuhan merupakan kegiatan yang biasanya harus dilakukan setiap hari. Teknik angket yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada penduduk di empat perumahan di pinggir Kabupaten Sukoharjo yaitu Perumahan Griya Jombor, Perumahan Walang Arum, Perumahan Muslim Cahaya Residence, dan Perumahan Bumi Dukuh Asri. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling. Metode analisa didasarkan pada analisa korelasi, regresi dan analisa faktor. Hasil peneilitaian Karakteristik Pemilih Moda Transportasi kebanyakan berjenis kelamin laki-laki, berusia > 31 tahun dan Pendidikan terakhirnya kebanyakan lulusan Diploma/S1/S2. jumlah anggota keluarga dengan jumlah >4 orang, berstatus tempat tinggal milik sendiri dan yang berdominasi bekerja sebagai Pekerja PT/Swasta yaitu dengan pendapatan rata-rata Rp. 2.238.000,00-4.160.000,00 , mempunyai kendaraan Sepeda motor 1, dan mobil 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi masyarakat Sukoharjo dipengaruhi oleh : Pendidikan Terakhir dengan r (0,363), Status tempat tinggal dengan r (0,287), Pekerjaan dengan r (0,218), Penghasilan r (0,499), Kepemilikan moda dengan r (0,228), Jarak tempuhdengan r (0,389) , dan Waktu tempuh dengan r (0,347). Untuk mengurangi tingkat kenaikan penggunaan kendaraan pribadi perlu adanya peningkatan kwalitas pelayanan angkutan umum yang ramah bagi semua kalangan khusunya perempuan dan pelajar, agar animo masyarakat untuk menggunakan angkutan umum meningkat. (Kata kunci : Transportasi, karakteristik, preferensi moda transportasi).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Arifin - Personal Name
Student ID
2019140071
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ir. H. Suharto. M.Eng - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agus Juara, S.T.M.T - - Penguji 1
Ir. H. Suharto. M.Eng - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Bandung.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail