MODEL BANGKITAN PERJALANAN MASYARAKAT PINGGIRAN KOTA BERBASIS PERUMAHAN (Studi Kasus Perumahan di Kota Kendal Kelas Menengah ke Bawah)

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

MODEL BANGKITAN PERJALANAN MASYARAKAT PINGGIRAN KOTA BERBASIS PERUMAHAN (Studi Kasus Perumahan di Kota Kendal Kelas Menengah ke Bawah)

XML

Pertumbuhan jumlah penduduk dan perkembangan suatu kota yang semakin pesat saat ini memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah pergerakan yang terjadi. Perkembangan penduduk di Kabupaten Kendal yang pesat menyebabkan kebutuhan perumahan semakin meningkat. Karena itu diperlukan usaha untuk menunjang perkembangan pada kawasan perumahan dan peningkatan pelayanan pada bidang transportasi. Berdasarkan landasan teori menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi model bangkitan perjalanan adalah jumlah anggota keluarga, jumlah penghasilan ratarata keluarga, dan jumlah anggota keluarga yang bekerja. Metode yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat pinggiran di tiga perumahan kota Kendal untuk mengetahui karakteristik responden yang berkaitan dengan perilaku perjalanan. Metode analisi data menggunakan analisa regresi linier berganda dengan software SPSS. Variabel yang digunakan yaitu jumlah kepemilikan motor, jumlah kepemilikan mobil,waktu perjalanan, jarak perjalanan kondisi jalan,, biaya transportasi,kondisi pelayanan, jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, jumlah anggota keluarga, jumlah anggota keluarga yang bekerja, jumlah anggota keluarga yang bersekolah, penghasilan, alasan kendaraan pribadi,frekuensi perjalanan, waktu aktivitas, lama aktivitas. Analisa dalam penelitian ini menggunakan model bangkitan perjalanan yang ada di pinggiran kota Kendal, dari data yang diperoleh melalui kuesioner, hasil korelasi terbesar variabel jarak perjalanan (X4) r= 0,084 hubungan terhadap pemilihan moda sangat lemah. Model hasil uji regresi berdasarkan tujuan perjalanan diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = 1,657 + 0,016 (X1) + 0,014 (X3) + 0,015 (X4) – 0,181 (X12) + 0,013 (X13) – 0,018 (X14) - 0,163 (X16) + 0,000 (X17) + 0,072 (X20).
(Kata kunci : Transportasi, Karakteristik Pelaku Perjalanan, Model Bangkitan Perjalanan).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nafa’ul ‘Ulya - Personal Name
Student ID
2017140065
Dosen Pembimbing
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 1
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas Sains Al-Qur'an
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail