ANALISIS PERCEPATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE TCTO (TIME COST TRADE OFF) DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA LEMBUR (Studi Kasus : Proyek Bangunan Gedung B Tahap 1 RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara)

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISIS PERCEPATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE TCTO (TIME COST TRADE OFF) DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA LEMBUR (Studi Kasus : Proyek Bangunan Gedung B Tahap 1 RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara)

XML

Proyek konstruksi adalah sebuah rangkaian mekanisme pekerjaan yang saling berpengaruh satu sama lain. Pada pelaksanaan proyek sering terjadi ketidaksesuaian jadwal pada saat di lapangan, yang mengakibatkan pertambahan waktu dan pembengkakan biaya karena kurangnya kematangan rencana kerja serta pengendalian yang kurang efektif. Pentingnya sebuah perencanaan yang harus dipersiapkan dengan matang agar biaya yang akan berdampak pada percepatan proyek dapat terkontrol dengan baik. Salah satu metode percepatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode TCTO (Time Cost Trade Off) dan penjadwalan proyek menggunakan program Microsoft Project 2019 dengan cara penambahan jam kerja lembur 1 jam dan 2 jam. Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil untuk metode TCTO dengan lembur 1 jam pengurangan waktu lembur sebanyak 4 hari dengan pengurangan biaya sebesar Rp.108.197.334,24 sedangkan lembur 2 jam sebanyak 8 hari dengan pengurangan biaya sebesar Rp.107.077.719,80 dari waktu normal 189 hari dan biaya proyek normal sebesar Rp.33.424.688.837,63. Untuk mengejar keterlambatan progress yang terlalu besar sebaiknya dlakukan shift kerja dengan penambahan tenaga kerja.
Kata kunci : Progres, Lintasankritis, Percepatan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lailatul Mu’awwanah - Personal Name
Student ID
2019140044
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Alfin., S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agus Juara, S.T.M.T - - Penguji 1
Ahmad Alfin., S.T., M.T - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail