ANALISA TIKUNGAN TERHADAP KESELAMATAN PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN WONOSOBO – PURWOREJO KM 19-24)

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISA TIKUNGAN TERHADAP KESELAMATAN PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN WONOSOBO – PURWOREJO KM 19-24)

XML

Ruas jalan Wonosobo – Purworejo KM 19-24 merupakan jalan provinsi sehingga merupakan ruas jalan kolektor primer yang memerlukan peninjauan agar dapat melayani lalulintas sesuai dengan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketidaksesuaian kondisi jalan terhadap standar yang ada. Alinyemen horizontal yaitu dimana jalan tersebut merupakan jalan lurus, menikung kekiri, atau kekanan. Sumbu jalan terdiri dari serangkaian garis lurus ke bentuk busur lingkaran. Bentuk tikungan menurut Dirjen Bina Marga 1997 terdiri tiga bentuk secara umum, yaitu Full Circle, Spiral Circle Spiral dan Spiral Spiral. Penelitian yang dilakukan menggunakan dasar Tata Cara Perencanaan Jalan Antar Kota BINA MARGA 1997. Ruas jalan Wonosobo – Purworejo KM 19-24 sebanyak 4 titik tikungan. Survey yang dilakukan yaitu survey geometrik jalan dan survey kecepatan maksimum pada tikungan. Kondisi tikungan existing pada ruas jalan Wonosobo – Purworejo km 19-24 secara umum sudah tidak sesuai dengan standar Bina Marga yaitu kecepatan rencananya minimal 60 km/jam, yang terjadi sekarang pada tikungan 1 diperoleh 34,61 km/jam, tikungan 2 27,96 km/jam, tikungan 3 31,32 km/jam, tikungan 4 37,69 km/jam, sehingga kecepatan di tikungan maksimal dibawah kecepatan rencana. Dengan kecepatan dibawah standar maka diperoleh nilai Rmin dibawah ketentuan yaitu untuk kecepatan rencana 60 km/jam diharuskan menggunakan Rmin 110 m yang terjadi di lapangan diperoleh nilai Rmin dibawah standar. Hal ini perlu dilakukan perbaikan geometriknya pada keempat tikungan tersebut. Saran bagi pengambil kebijakan dan instansi terkait mengenai masalah di daerah tinjauan ini perlu perbaikan geometriknya atau bila tidak memungkinkan untuk diperbaiki maka perlu dipasang rambu dan marka jalan yang sesuai dengan spesifikasi dan acuan standar yang ada agar dapat memaksimalkan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan serta dapat meminimalisir tingkat kecelakaan yang terjadi.
Kata kunci : Tikungan, Alinyemen Horizontal, Bina Marga.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alfan Fauzi - Personal Name
Student ID
2018140055
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ir. Ashal Abdussalam, S.T., M.T. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Tehnik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail