ANALISA KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN RAYA SEKITAR PASAR BOBOTSARI PURBALINGGA

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISA KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN RAYA SEKITAR PASAR BOBOTSARI PURBALINGGA

XML

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas. Tetapi dalam beberapa lokasi banyak penyalah fungsian guna jalan bagian lain jalan membuat kurang maksimalnya kinerja dari jalan tersebut dan berpengaruh terhadab biaya oprasional kendaraan (BOK). Menurut Prambudi Katon Kusuma dan Shinta Ariani Archila pada jurnal berjudul “ Pengaruh Penurunan Kinerja Jalan Fungsional Terhadap Biaya Operasional Kendaraan (Studi kasus Ruas Jalan Kawasan Luar UB”)tahun 2018, menyebutkan bahwa berdasarkan hasil analisis penelitian mereka penurunan kinerja jalan berpengaruh pada kerugian terkait biaya opersional kendaraan saat jam puncak pada masing masing ruas jalan kajian studi. Sehingga penulis membuat penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas di ruas jalan bobotsari-purbalingga. Adanya pasar Bobotsari berdampak pada meningkatnya aktifitas di jalan Bobotsari – Purbalingga dan hambatan di jalan tersebut juga meningkat dan berpengaruh terhadap kerugian biaya operasional kendaraan. Data yang diperlukan untuk menyelesaikan penelitian ini terdiri dari data sekunder dan primer. Data sekunder didapatkan melalui lembaga Badan Pusat Statistik (BPS) berupa data jumlah penduduk kabupaten Purbalingga. Data primer didapatkan melalui survei langsung di lapangan dan diolah menggunakan excel. Parameter – parameter ber acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan adalah jumlah kendaraan dan hambatan samping, lalu diolah untuk mencari kecepatan arus bebas, kapasitas kendaraan, derajat kejenuhan, dan kecepatan dan waktu tempuh. Kecepatan dan waktu tempuh digunakan sebagai bahan analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) untuk mencari nilai kerugian dengan mengacu pada metode Pacific Consultant International (PCI) dan nilai derajat kejenuhan (DS) digunakan untuk menentukan Indeks Tingkat pelayanan (ITP) jalan tersebut. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa Q arus lalu-lintas pada jam puncak sebanyak 836,15 smp/jam, kecepatan arus bebas (Fv) sebesar 44 km/jam pada kondisi ada hambatan dan 46 km/jam pada kondisi tanpa hambatan, kapasitas jalan (C) yaitu sebesar 2.550 smp/jam pada kondisi ada hambatan dan 5.707 smp/jam pada kondisi tanpa hambatan, dengan DS mencapai 0,327 smp/jam pada kondisi ada hambatan dan 0,146 smp/jam pada kondisi tanpa hambatan. Kecepatan dan waktu tempuh saat kondisi ada hambatan yaitu 44 km/jam dan 46 km/jam pada saat tanpa hambatan. BOK saat kondisi lalu-lintas ada hambatan sebesar Rp. 3.067.600,5/jam, sedangkan saat kondisi tanpa hambatan sebesar Rp. 2.986.606,46/jam. kerugian BOK sebesar 2,7% dengan ITP masing-masing kondisi adalah A dengan nilai DS ≤0,35. Guna mengoptimalkan kinerja jalan tersebut maka perlu adanya himbuan larangan untuk parkir di jalur jalan dan penertiban lapak penjual yang ada di lajur jalan dan agar penelitian lebih baik maka survey LHR di lakukan pada hari yang lebih ramai.
Kata kunci: Jalan, , Biaya Operasional Kendaraan, Kinerja Ruas Jalan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Akri Falah Adi Tahles - Personal Name
Student ID
2018140005
Dosen Pembimbing
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ir. H. Suharto. M.Eng - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Ketua Penguji
Ir. H. Suharto. M.Eng - - Penguji 1
Tri Hidayat,S.T.,M.T - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Tehnik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail