PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DENGAN METODE MURAJAAH DALAM BUKU SHOLATI ILA MAMATI DI PONDOK ASSALAM JAMBEAN

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DENGAN METODE MURAJAAH DALAM BUKU SHOLATI ILA MAMATI DI PONDOK ASSALAM JAMBEAN

XML

Skripsi ini bertujnuan untuk: 1) mengetahui metode umum yangdigunakan santri dalam menghafal; 2) menerapkan Pembelajaran TahfidzulQuran dengan metode Murajaah dalam buku Sholati Ila Mamati di PondokPesantren Assalam Jambean; 3) mengetahui kendala dan hambatan dalamproses menghafal menggunakan metode murajaah dalam buku Sholati IlaMamati di Ppondok Pesantren Assalam jambean; 4) mengetahui upaya apasaja yang dilakukan dalam menghadapi kendala dan hambatan dalam prosesPembelajaran Tahfidzul Quran dengan metode Murajaah dalam buku SholatiIla Mamati di Pondok Pesantren Assalam JambeanMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Adapun objek penelitian ini adalah Pembelajaran Tahfidzul Qur‟an denganmetode murajaah dalam buku Sholati Ila Mamati di Pondok Pesantren AssalamJambean, sedangkan subjek dari penelitian disini adalah 5 orang santri sebagaisampel penelitian, 1 ustadzah dibidang tahfidz dan 2 ustadz pengurus pondok.Alasan menggunakan metode ini adalah karena ingin menggali, danmengetahui penambahan hafalan dan ketahanan hafalan santri setalahmenggunakan metode murajaah dalam buku Sholati Ila Mamati di PondokPesantren Assalam Jambean. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkanmetode murajaah dalam buku Sholati Ila Mamati untuk dipakai di pondokpesantren Assalam Jambean dalam proses menghafal Al Quran. Serta untukmengetahui apasaja hambatan serta keunggulan dari proses menghafal AlQuran dengan metode murajaah dalam buku Sholati Ila Mamati ini.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkansebagai berikut: (1)metode umum yang digunkan santri di Pondok Pesantren Assalam jambeandalam menghafal adalah metode takrir/ mengulang, yang memang umumdigunakan dalam menghafal AL Quran. (2) Penerapan Pembelajaran TahfidzulQur‟an dengan metode murajaah dalam buku Sholati Ila Mamati di Pondokpesantren Assalam mendapatkan hasil yang bagus dengan minimal santrimenghafal sebanyak 10 ayat dalam sehari. (3)Hambatan tertinggi dalamprogram ini adalah kejujuran karna memungkinkan santri dapat memanipulasidata serta kebiasaan membaca surat/ayat familiar dalam sholat menjadihambatan dalam program ini (4)faktor pendukng agar santri dengan giatmengikuti program ini adalah dengan diberikan prestasi hafalan santri yangdigunakan sebagai laporan hasil hafalan santri dalam sholat.
Kata Kunci: Tahfidz dengan Metdode Murajaah dalam buku Sholati IlaMamati


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2016010150
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail