PEMAHAMAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DAN INTERELASINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL (Analisis Buku Membumikan Al-Qur’an Karya Quraish Shihab)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PEMAHAMAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DAN INTERELASINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL (Analisis Buku Membumikan Al-Qur’an Karya Quraish Shihab)

XML

Penelitian ini membahas tentang pemahaman tentang tujuan PendidikanIslam dan interelasinya dengan tujuan Pendidikan Nasional yang lebih luas.Masyarakat yang masih meyakini bahwa pendidikan hanya mengacu padakecerdasan di berbagai bidang ilmu. Penelitian ini mengkaji penafsiran QuraishShihab yang selalu konsisten terhadap ayat-ayat Al-Qur’an, dan kemudianmenafsirkannya sebagai tujuan pendidikan Islam. Karena sangat erat kaitannyadengan surah dan ayat-ayat Al-Qur'an dan ditambah dengan berbagai ilmupengetahuan, membaca buku Quraish Shihab ini tidak terasa bahwa kita sepertidiajak untuk mendiskusikan tafsir dan ayat-ayat pendidikan secara mandiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman tujuanpendidikan Islam interelasinya dengan tujuan pendidikan Nasional dalam bukumembumikan Al-Quran karya Quraish ShihabMetodenya adalah kepustakaan (Library Research). Dengan teknikpengumpulan data dokumenter yaitu bahan tertulis yang berhubungan dengantopik pembahasan. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptifdan analisis isi.Berdasarkan hasil temuan penelitian, tujuan pendidikan Islam adalahuntuk mengembangkan individu dan kelompok agar dapat memenuhi perannyasebagai hamba Allah Swt dan khalifah-Nya. Menurut Quraish Shihab dalambuku Membumikan Al-Qur'an memandang dalam mengarahkan pendidikannyakepada manusia dengan unsur-unsur penciptaannya: jasmani, akal, dan jiwa,maka interalasinya tujuan pendidikan Islam dengan tujuan pendidikan Nasional:“meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt, pembentukan akhlakmulia, penguasaan ilmu pengetahuan, dan pembangunan bangsa."
Kata Kunci : Tujuan Pendidikan, Konsep Pendidikan Islam, Membumikan
Qur’an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Salsabil - Personal Name
Student ID
2019010263
Dosen Pembimbing
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Ngatho'illah Linnajah, Lc., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail