IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KEJAJAR WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KEJAJAR WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana Penerapan metodepembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran Pendidikan Agama Islamsiswa kelas VIII di SMP N 1 Kejajar, Wonosobo. 2) Adakah peningkatan hasilbelajar Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan metode pembelajaran ThinkPair Share pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Kejajar, Wonosobo. 3) Adakahperbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara kelas yang menggunakanmetode pembelajaran Think Pair Share dan yang tidak menggunakan pada siswakelas VIII di SMP N 1 Kejajar, Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan designQuasi Eksperimental dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design.Subjeknya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kejajar. Sampel yangdiambil yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelasVIII D sebagai kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan datamenggunakan Observasi, tes, Wawancara dan dokumentasi. Sampel Setelah dataterkumpul kemudian dianalisis dengan analisis pendahuluan berupa ujihomogenitas dan uji normalitas serta uji hipotesis berupa uji gain dan uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metodepembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran PAI dilakukan sesuai denganperencanaan. 2) Hasil analisis data dengan uji Gain menunjukkan adanyapeningkatan hasil belajar, diperoleh hasil gain kelas eksperimen sebesar 0,522dengan kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,242 dengan kriteriarendah. 3) Hasil penelitian uji t setelah menggunakan metode Think Pair Sharediperoleh thitung > ttabel yaitu 7,249 > 2,005 dengan taraf signifikansi 5% dan 7,249> 2,671 dengan taraf signifikansi 1%, maka Ha diterima. Artinya ada perbedaanhasil belajar PAI yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Much Ulul Albab - Personal Name
Student ID
2019010079
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Asep Sunarko, M.Pd.I - - Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail