PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIALTERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SMP SIROJUTH THOLIBIN PEGANDON KENDAL

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIALTERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SMP SIROJUTH THOLIBIN PEGANDON KENDAL

XML

Skripsi ini bertujuan untuk 1) Mengetahui adanya pengaruh kecerdasanemosional terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMP SirojuthTholibin Pegandon Kendal; 2) Mengetahui adanya pengaruh dukungan sosialterhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Sirojuth TholibinPegandon Kendal; 3) mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dandukungan sosial secara bersama terhadap hasil belajar pendidikan agama Islamsiswa SMP Sirojuth Tholibin Pegandon Kendal.
Skripsi ini menggunakan penelitian lapangan kuantitatif dengan jenispendekatan korelasi. Penelitian ini mengeksplorasi mengenai pengaruh kecerdasanemosional, dukungan sosial, dan dampaknya terhadap hasil belajar PAI siswa SMPSirojuth Tholibin. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini melaluidokumentasi, angket atau kuisoner dan tes. Sumber data diperoleh dari data primerdan data sekunder ( buku mata pelajarn PAI, buku penelitian, artikel, dan penelitianterdahulu). Intrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket yang berisipernyataan kecerdasan emosional dan dukungan sosial dan tes yang berisi soal.Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis prasyarat yang berisi ujinormalitas, uji multikolinieritas. Untuk uji hipotesis terdiri dari analisis regresiberganda sederhana, analisis regresi berganda, Uji t,Uji F, dan koefisiendeterminasi yang dianalisis dengan aplikasi SPSS 25 for Windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) berdasarkan analisis regresi dengannilai koefisien 1,822 yang bernilai positif, sehingga disimpulkan bahwa terdapatpengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Berdasarkanuji t dengan nilai t hitung 10,088 > t tabel 2,03 yang berarti kecerdasan emosionalmemiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar PAI secara signifikan.2)berdasarkan analisis regresi dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,529 yangbernilai positif. Sehingga, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dukungansosial terhadap hasil belajar PAI. Berdasarkan uji t dengan nilai t hitung 9,076 > ttabel 2,03 yang berarti dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap hasilbelajar PAI secara signifikan.3) berdasarkan analisis regresi dengan nilai koefisienregresi variable kecerdasan emosional sebesar 1,122 dan variable dukungan sosialsebesar 0,775 yang bernilai positif. Sehingga, disimpulkan bahwa terdapatpengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial secara bersama-samaterhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji F dengan nilai Fhitung 77,608 > Ftabel3,23 yang berate terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosialsecara bersama-sama dan secara signifikan terhadap hasil belajar PAI.Danberdasarkan koefisien determinasi kecerdasan emosional dan dukungan sosialmenuymbang kontribusi sebesar 83,4%.
Kata kunci : kecerdasan emosional, dukungan sosial, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maulida Zulfa Zanuba - Personal Name
Student ID
2019010214
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail