POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBANGUN BONDING DENGAN ANAK MELALUI THERAPLAY (Kajian Buku Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay Karya Astrid W.E.N)

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBANGUN BONDING DENGAN ANAK MELALUI THERAPLAY (Kajian Buku Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay Karya Astrid W.E.N)

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pola asuh orang tua yang terdapat pada buku karya Astrid W.E.N; 2) mengetahui upaya dalam membangun bonding dengan theraplay yang terdapat dalam buku karya Astrid W.E.N; 3) mengetahui relevansi buku Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay karya Astrid W.E.N terhadap kehidupan sehari-hari. Skripsi ini menggunakan metode penelitian library research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumenter dan penelusuran data online. Sumber data diperoleh dari sumber data primer (buku Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay Karya Astrid W.E.N) dan data sekunder (bukubuku, referensi yang berkaitan dengan pola asuh orang tua dalam membangun bonding dengan anak melalui theraplay, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal, dan situs online). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi dan analisis wacana. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pola asuh yang terdapat dalam buku karya Astrid W.E.N menggunakan pola asuh authoritative atau dikenal juga dengan pola asuh demokratis. Melalui theraplay dalam pengasuhannya mampu membangun bonding dengan anak. Karena, sifatnya yang menyenangkan dan berfokus pada interaksi maupun sentuhan yang dilakukan antara orang tua dengan anak dan memiliki permainan-permainan sederhana yang dapat dimainkan dimanapun. Relevansi tersebut dalam kehidupan sehari-hari yaitu masih banyak orang tua yang belum dapat menerapkan pola asuh tersebut. Karena minimnya pengetahuan orang tua tentang pola asuh untuk membangun bonding dengan anak melalui theraplay dan banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan bekerja, sehingga kurangnya meluangkan waktu bermain bersama anak. Cukup luangkan waktu tiga puluh menit setiap hari bersama anak dan rasakan perubahannya.
Kata kunci: Pola Asuh, Bonding, Theraplay


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ulil Maulida - Personal Name
Student ID
2019240017
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Ali Mu'tafi, M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail