PENINGKATAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PERMAINAN “KOTAK MANDIRI” PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH KALIWULUH KEPIL WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PENINGKATAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PERMAINAN “KOTAK MANDIRI” PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH KALIWULUH KEPIL WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana karakter mandiri anak di Kelompok B di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Kabupaten Wonosobo. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan permainan kotak mandiri untuk menumbuhkan karakter mandiri pada anak di Kelompok B di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Kabupaten Wonosobo .(3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan karakter mandiri melalui permainan kotak mandiri pada anak pada anak di Kelompok B di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Kabupaten Wonosobo . Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek penelitian adalah anak kelompok B dan guru di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1)Karakter mandiri pada anak Kelompok B TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Wonosobo, berada pada tingkat rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra tindakan dari 26 anak, terdapat 12 anak atau 46% dengan kategori Belum Berkembang (BB), 8 anak atau 30% dengan kategori Mulai Berkembang (MB), 3 atau 12% anak dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 3 anak atau 12% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). (2) Pelaksanaan permainan kotak mandiri pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Wonosobo dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : (a) Guru menyiapkan media kegiatan bermain kotak mandiri yaitu kartu , dan kotak mandiri. (b) Guru mengondisikan peserta didik dengan membuat barisan kereta api melingkar sambil menyanyikan lagu naik kereta api. (c) Guru menanyakan bagaimana anak berkegiatan dalam kegiatan sehari-hari. (d) Kemudian anak memasukkan kartu kedalam kotak mandiri, sesuai dengan apa yang mereka kerjakan . (3) Karakter mandiri pada anak Kelompok B di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kepil Wonosobo, mengalami peningkatan dari pra siklus sampai ke siklus II setelah menggunakan permainan kotak mandiri. Hal ini dapat dilihat Karakter mandiri pada pratindakan diperoleh ketuntasan dengan persentase 24% yang termasuk dalam kriteria BSH dan BSB, pada Siklus I diperoleh ketuntasan dengan persentase 76% yang masuk kriteria BSH dan BSB, dan meningkat pada Siklus II dengan perolehan ketuntasan dengan persentase sebesar 88% yang termasuk dalam kriteria BSH dan BSB. Berdasarkan prosentase tersebut apabila mengacu pada kriteria yang ditetapkan, yakni mencapai prosentase 85% ke atas maka tindakan pada siklus II dinyatakan sudah berhasil. Permainan kotak mandiri ini terbukti dapat meningkatkan karakter mandiri pada anak, hal ini dikarenakan dengan melakukan permainan kotak mandiri membuat anak senang dan lebih tertarik dalam hal kemandirian.
Kata Kunci : Karakter Mandiri, Permaianan Kotak Mandiri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tianisa Agustin - Personal Name
Student ID
2019240092
Dosen Pembimbing
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin Nugroho, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
H. Mukromin,Alh.,M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail