PENERAPAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA DINI DI TK MASYITHOH DEMPEL KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PENERAPAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA DINI DI TK MASYITHOH DEMPEL KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO

XML

NIM. 2019240109
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini di TK Masyithoh Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo, (2) Bagaimana penggunaan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini di TK Masyithoh Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. (3) Bagaimana peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan penggunaan media papan flanel pada anak usia dini di TK Masyithoh Dempel Kecamatan Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di TK Masyithoh Dempel Kalibawang Wonosobo yang berjumlah 14 anak Hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Masyithoh Dempel Kaliwabang Wonosobo, berada pada tingkat rendah hal. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pra siklus dari jumlah 14 anak kondisi kemampuan mengenal huruf mencapai 29% masuk kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan, sedangkan sisanya 71% masuk kategori mulai berkembang dan belum berkembang pada aspek kemampuan mengenal huruf (2) Penggunaan media papan flannel dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Masyithoh Dempel Kalibawang dikarenakan dengan media ini anak-anak menjadi lebih antuasias di dalam pembelajaran mengenal huruf. Konsep media yang menarik membuat anak lebih mudah di dalam mengenal huruf. (3) Peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan penggunaan media papan flanel pada anak usia dini di TK Masyithoh Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Hasil observasi pada siklus I dapat dilihat pada peningkatan persentase yang didapat pada tiap-tiap pertemuan. Anak dengan kriteria BSH dan BSB berjumlah 9 anak (64%). Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan oleh peneliti sehingga akan dilanjutkan pada siklus II. Data yang diperoleh pada siklus II anak yang mendapat BSB dan BSH sebanyak 12 anak (86%) dari jumlah anak secara keseluruhan.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Media Papan Flanel


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Rufingah - Personal Name
Student ID
2019240109
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
H. Mukromin,Alh.,M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail