PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII A SMP AL-ALAWIYAH SELOMERTO WONOSOBO TA 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII A SMP AL-ALAWIYAH SELOMERTO WONOSOBO TA 2022/2023

XML

Tujuan Penelitian ini adalah ; 1) Untuk mengetahui penerapan strategiekspositori dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dikelas VII A SMP Al-Alawiyah Selomerto Wonosobo;2) Untuk mengetahui tingkatmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakanstrategi ekspositori di kelas VII A SMP Al-Alawiyah Selomerto Wonosobo;3)untuk mengetahui implikasi dari penerapan strategi ekspositori dalammeningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIIdi SMP Al-Alawiyah Selomerto Wonosobo.
Skripsi yang digunakan peneliti adalah Pendekatan Tindakan Kelas (PTK)yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru dan siswa kelas VII A SMPAl-Alawiyah. instrument yang digunakan dalam penelitian adalah instrument tes,siklus I menonton video lalu meresume video, siklus II menempel gambar danmempresentasikan didepan terkait materi tentang ta'awun, tawaduk, dan tasamuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ekspositori denganmenggunakan metode diskusi pada materi ta'awun, taawaduk, dan tasamuh. Dapatmeningkatkan hasil motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Al-Alawiyah, yaitusiklus I 58,33% jauh dari KKM, lalu siklus naik menjadi 81,81% dan sudahmencapai indicator keberhasilan yakni 75%.
Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan strataegiekspositori dikarenakan didalam setiap tahap strategi ini mampu menciptakansuasana yang baru, atraktif, dan menyenangkan sehingga pembelajaran tidakmonoton baik bagi siswa maupun pengajar.
Kata Kunci : penerapan,Strategi ekspositori, Peningkatan motivasi belajar siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lisa Milinia - Personal Name
Student ID
2019010319
Dosen Pembimbing
Dr. Faisal Kamal, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Rois, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Mukromin, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail