Prodi PIAUD
MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TARBIYATUL MUTTAQIN DESA KRASAK MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman karakter kejujuran pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Muttaqin, untuk mengetahui kegiatan permainan congklak yang diajarkan di RA Tarbiyatul Muttaqin, dan untuk mengetahui membangun pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Muttaqin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam mendapatkan sumber data dalam penelitian ini, yang menjadi sumber data peneliti adalah kepala Lembaga, guru (pengurus) danpesertadidik.Sempel yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B Raudhatul Athfal Tarbiyatul Muttaqin Krasak Mojotengah Wonosobo yang berjumlah 25 anak. Dalam penelitian ini penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu observasi (pengamatan) partisipan, interview (wawancara) mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya dilakukan dengan langkah-langkah data reduction, data display dan verifikasi data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kejujuran pada anak di Raudlatul Atlfal Tarbiyatul Muttaqin Krasak Mojotengah, dari 25 anak hanya terdapat 5% kemampuan kejujuran anak yang masuk kategori berkembang sangat baik, 10% kemampuan kejujuran anak berkembang sesuai harapan, serta 20% kemampuan kejujuran anak mulai berkembang, sedangkan sisanya 65% kemampuan kejujuran anak belum berkembang. Penerapan permainan congklak di RA Tarbiyatul Muttaqin Krasak, guru menerapkan permainan edukatif untuk anak dalam belajar karakter kejujuran. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I perkembangan kemampuan kejujuran akan mencapai 55% atau sebanyak 11 anak di RA Tarbiyatul Muttaqin Krasak masuk kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan, sedangkan sisanya 45% atau sebanyak 14 anak yang masuk pada kategori mulai berkembang dan belum berkembang. Pada siklus II perkembangan kejujuran anak sudah mencapai 90% atau sebanyak 20 anak masuk kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan, sedangkan sisanya terdapat 10% atau sebanyak 5 masuk kategori mulai berkembang dan belum berkembang.
Kata kunci : karakter kejujuran, permainan tradisional congklak, anak usia 5-6 tahun
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Shanaz Fatia - Personal Name
|
Student ID |
2015240008
|
Dosen Pembimbing |
Sri Haryanto Alfandy, M. Pd.I. - - Dosen Pembimbing 1
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |