PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI KELOMPOK A DI DA COKROAMINOTO 02 WANAKARSA TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI KELOMPOK A DI DA COKROAMINOTO 02 WANAKARSA TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan: 1).Untuk mengetahui proses pelaksanaan penggunaan media Loose Part melalui metode demonstrasi kelompok A di DA Cokroaminoto 02 Wanakarsa.2).Untuk mengetahui kemampuan kognitif anak kelompok A di DA Cokroaminoto 02 Wanakarsa.3).Untuk mengetahui apakah penerapan media Loose Part melalui metode demonstrasi mampu meningkatkan kognitif anak kelompok A di DA Cokroaminoto 02 Wanakarsa. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Penelitian dilakukan di DA Cokroaminoto 02 Wanakarsa.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A dan guru kelompok A.Data tentang perkembangan kognitif anak kelompok A dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang dilakukan adalah data kualitatif deskriptif yang mengacu pada analisis Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari peneliti menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan penggunaan media loose part melalui metode demonstrasi di DA Cokroaminoto 02 Wanakarsa meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Adapun prosesnya yaitu menunjukkan bahan dan alat yang digunakan, memberikan arahan dan tata tertib saat kegiatan, memberi contoh dan memperagakan kemudian mengajak anak untuk mempraktikannya.2) Kemampuan kognitif anak belum berkembang maksimal hal ini dibuktikan dengan hasil pra tindakan dari 20 anak, terdapat 3 anak atau 15% dengan kategori anak berkembeng sangat baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 17 anak atau 85% dengan katagori Mulai Berkembang (MB) dan Belum Berkembang. 3) Peningkatan kemampuan kognitif anak, mengalami peningkatan dari pra siklus sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat kemampuan kognitif anak pada pratindakan diperoleh ketuntasan dengan persentase 15% yang termasuk dalam kriteria BSH dan BSB, pada Siklus I diperoleh ketuntasan dengan persentase 35% yang masuk kriteria BSH dan BSB, dan meningkat pada Siklus II dengan perolehan ketuntasan dengan persentase sebesar 85% yang termasuk dalam kriteria BSH dan BSB. Berdasarkan persentase tersebut sudah mencapai prosentase 80% ke atas maka tindakan pada siklus II dinyatakan sudah berhasil.
Kata Kunci : Loose Part, Kognitif, Metode Demonstrasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rodiyah - Personal Name
Student ID
2018240064
Dosen Pembimbing
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Sofan Rizqi, Alh., S.Pd.I.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Asep Sunarko, M.Pd.I - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail