KOMUNIKASI EDUKATIF ANTARA USTADZAH DENGAN SANTRI PUTRI UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI MENGHAFAL DAN MUROJA’AH AL-QUR’AN DI PPTQ BAITUL ABIDIN DARUSSALAM WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KOMUNIKASI EDUKATIF ANTARA USTADZAH DENGAN SANTRI PUTRI UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI MENGHAFAL DAN MUROJA’AH AL-QUR’AN DI PPTQ BAITUL ABIDIN DARUSSALAM WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan komunikasiedukatif antara ustadz dengan santri untuk menumbuhkan motivasi menghafal danmuroja’ah al-Qur’an di PPTQ Baitul Abidin Darussalam Wonosobo di PPTQBaitul Abidin Darussalam Wonosobo. 2) untuk mengetahui faktor penghambatdan pendorong komunikasi edukatif antara ustadz dengan santri dalammenumbuhkan motivasi menghafal dan muroja’ah al-Qur’an di PPTQ BaitulAbidin Darussalam Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif kategori fieldresearch dimana jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknikanalisis data yang digunakan adalah kualitatif analisis deskriptif kritis yang berartimenguraikan analisis secara keseluruhan dan cermat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan komunikasi edukatifantara ustadz dengan santri untuk menumbuhkan motivasi menghafal danmuroja’ah al-Qur’an di PPTQ Baitul Abidin Darussalam menunjukkan bahwakomunikasi edukatif antara ustadz dengan santri sudah berjalan dengan baik ditandai dengan ustadz yang sudah membimbing, memberikan motivasi,memberikan nasehat, membantu mencarikan solusi dan melakukan pendekatanterhada santri. 2) Pelaksanaan komunikasi edukatif masih menemui hambatan.Faktor penghambat tersebut berasal dari ustadz, santri dan lingkungan. Faktorpenghambat yang berasal dari ustadz adalah santri yang susah di nasehatin, adarasa jenuh dan lelah dan sulit mencari waktu yang tepat. Adapun faktorpenghambat dari santri adalah rasa takut untuk memulai komunikasi, rendahnyapercaya diri, masih sungkan dan belum bisa terbuka dengan ustadz. Faktorpenghambat yang berasal dari lingkungan adalah berasal dari lingkungan pondok,seperti: kondisi pondok pesantren. Dari lingkungan luar pondok misalnya:lingkungan keluarga dan kampus maupun sekolah. Selanjutnya faktor pendorongkomunikasi edukatif yaitu adanya pembimbing, memberikan motivasi dan nasehatdan terdapat kegiatan evalusi yang menjadikan ustadz untuk melaksanakankomunikasi edukatif.
Kata Kunci: Komunikasi edukatif, motivasi, menghafal dan muroja’ah al-Qur’an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Laila Nur Hidayati - Personal Name
Student ID
2019010030
Dosen Pembimbing
Dr. Muchotob Hamzah, MM. - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail