PENGGUNAAN MEDIA COUNTING ACTIVITY BOOK FOR KIDS UNTUK PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG ANAK USIA DINI DI RA MA’ARIF NU TEGALSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2023

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PENGGUNAAN MEDIA COUNTING ACTIVITY BOOK FOR KIDS UNTUK PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG ANAK USIA DINI DI RA MA’ARIF NU TEGALSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2023

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui proses belajar dalam meningkatkan kemampuan berhitung di RA Ma‟arif NU; 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media counting activity book; 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media counting activity book di RA Ma'arif NU. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (buku-buku pendidikan anak usia dini, referensi yang berkaitan dengan loose parts, bahan limbah, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal, dan situs internet). Selain itu, sumber data juga diperoleh dari subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru atau pendidik, dan peserta didik di RA Ma'arif NU yang anaknya berjumlah sepuluh dengan kelompok B2 usia 5-6 tahun. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh sedangkan selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau hipotesis. Berdasarkan hipotesis yang dirumuskan berdasarkan data tersebut, selanjutnya dicarikan data lagi secara berulang-ulang sehingga selanjutnya dapat disimpulkan apakah hipotesis tersebut diterima atau ditolak berdasarkan data yang terkumpul. Jika berdasarkan data yang dapat dikumpulkan secara berulang-ulang dengan teknik tringulasi, ternyata hipotesis diterima, maka hipotesis tersebut berkembang menjadi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran yang ada di RA Ma'arif NU untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak yaitu dengan mengajak anak untuk bereksplorasi, bermain dengan tanya jawab. Sebelum penggunaan media counting activity book, perkembangan kemampuan berhitung anak ada yang belum berkembang (BB), dan ada yang mulai berkembang (MB). 2) Faktor penghambatnya dalam penggunaan media counting activity book untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak yaitu adanya anak yang terlalu aktif, sehingga anak sudah mengeksplore komponen bermain sebelum diberi arahan oleh guru, serta kurangnya pengetahuan dan pemahaman anak terkait menulis angka 1-10, mengurutkan angka 1-20. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam penggunaan media counting activity book untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak yaitu rasa penasaran anak yang tinggi, keinginan anak dalam mencoba hal-hal yang baru, serta semangat dan antusias anak dalam belajar. 3) Penggunaan media counting activity book dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini dengan dua tahapan yaitu tahap eksplorasi dan tahap eksperimen, adanya provokasi dan invitasi serta anak juga memperoleh suasana baru dalam proses kegiatan pembelajaran. Kemampuan berhitung pada anak setelah dilakukan penelitian yaitu ada yang mulai berkembang (MB), ada yang berkembang sesuai harapan (BSH), dan ada yang berkembang sangat baik (BSB).
Kata kunci: Media, Counting Activity Book, Berhitung, Usia Dini


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Laeli - Personal Name
Student ID
2019240009
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail