Prodi PIAUD
PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI DI POS PAUD MELATI DESA MUNGKUNG KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Desa Mungkung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. (2) Bagaimana penerapan pojok baca untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Desa Mungkung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan pojok untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Desa Mungkung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif Sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah guru dan anak di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kondisi awal literasi baca tulis anak di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar rendah, rendahnya literasi anak bisa ditandai dengan hanya sedikit anak yang memiliki kegemaran membaca dan sebagian besar anak tidak suka membaca di rumah, anak lebih senang bermain. (2) Pemanfaatan pojok baca untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar didukung dengan sarana prasarana meliputi koleksi buku, serta hiasan atau dekorasi. Buku koleksi di pojok baca kelas sudah cukup lengkap, hiasan dan dekorasi berasal dari beberapa karya siswa, akan tetapi penataan masih belum rapi. Selain itu, guru belum mengajak anak untuk berperan aktif dalam pemanfaatan pojok baca, baik dalam hal menjadikan pojok baca sebagai sumber belajar, media pembelajaran, sumber informasi serta tempat anak membaca di waktu luang. Beberapa hal ini menjadikan pemanfaatan pojok baca belum maksimal. (3) Faktor pendukung dalam pemanfaatan pojok baca untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Mungkung diantaranya adanya dukungan dari pihakpihak terkait, antusiasme siswa yang cukup baik, partisipasi aktif orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat diantaranya kondisi beberapa buku di pojok baca yang rusak atau bahkan hilang, penataan dan dekorasi pojok baca yang belum maksimal sehingga tampak kurang menarik dan tidak semua anak di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar memiliki minat baca yang tinggi
Kata Kunci : Pojok Baca, Literasi Baca Tulis.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Niken Dias Fadila - Personal Name
|
Student ID |
2019240026
|
Dosen Pembimbing |
Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |