PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI DI POS PAUD MELATI DESA MUNGKUNG KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI DI POS PAUD MELATI DESA MUNGKUNG KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Desa Mungkung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. (2) Bagaimana penerapan pojok baca untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Desa Mungkung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan pojok untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Desa Mungkung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif Sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah guru dan anak di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kondisi awal literasi baca tulis anak di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar rendah, rendahnya literasi anak bisa ditandai dengan hanya sedikit anak yang memiliki kegemaran membaca dan sebagian besar anak tidak suka membaca di rumah, anak lebih senang bermain. (2) Pemanfaatan pojok baca untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar didukung dengan sarana prasarana meliputi koleksi buku, serta hiasan atau dekorasi. Buku koleksi di pojok baca kelas sudah cukup lengkap, hiasan dan dekorasi berasal dari beberapa karya siswa, akan tetapi penataan masih belum rapi. Selain itu, guru belum mengajak anak untuk berperan aktif dalam pemanfaatan pojok baca, baik dalam hal menjadikan pojok baca sebagai sumber belajar, media pembelajaran, sumber informasi serta tempat anak membaca di waktu luang. Beberapa hal ini menjadikan pemanfaatan pojok baca belum maksimal. (3) Faktor pendukung dalam pemanfaatan pojok baca untuk mengembangkan literasi baca tulis anak usia dini di POS PAUD Melati Mungkung diantaranya adanya dukungan dari pihakpihak terkait, antusiasme siswa yang cukup baik, partisipasi aktif orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat diantaranya kondisi beberapa buku di pojok baca yang rusak atau bahkan hilang, penataan dan dekorasi pojok baca yang belum maksimal sehingga tampak kurang menarik dan tidak semua anak di POS PAUD Melati Mungkung Kalikajar memiliki minat baca yang tinggi
Kata Kunci : Pojok Baca, Literasi Baca Tulis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Niken Dias Fadila - Personal Name
Student ID
2019240026
Dosen Pembimbing
Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail