Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH SISWA MADRASAH TSANAWIYAHAL ITTIHADIYAH KALIJURANG TONJONG BREBES
XMLSkripsi ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaranfikih dengan menggunakan pendekatan saintifik di MTs Al Ittihadiyah KalijurangTonjong Brebes. 2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalampembelajaran fikih untuk mengingkatkan kualitas ibadah siswa MTs Al IttihadiyahKalijurang Tonjong Brebes. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung danpenghambat penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fikih untukmeningkatkan kualitas ibadah siswa MTs Al Ittihadiyah Kalijurang TonjongBrebes.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lapangan. Subjekpenelitian meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran fikih, dansiswa kelas VII MTs AL Ittihadiyah Kalijurang. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumenpenelitian adalah peneliti sendiri. Keabsahan data menggunakan perpanjanganpengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan membercheck. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dankesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) persiapan guru sebelum mengajarguru telah membuat perangkat pembelajaran mulai dari silabus, RPP (RPP), metode dan media pembelajaran, evaluasi anau penilaian. Setiap kali pertemuan guru selalumenyusun perencanaan dalam pembelajaran supaya pembelajaran dapat terarah.Guru menyusun perencanaan sesuai dengan kurikulum yang dipakai. 2) prosespembelajaran di MTs Al Ittihadiyah Kalijurang Tonjong Brebes sudahmenggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari 5 tahapan yaitu mengamati,menanya, mengeksplorasi, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.Kegiatan tersebut, dilakukan penilaian yang menggunakan penilaian autentik.Siswa MTs Al Ittihadiyah Kalijurang Tonjong Brebes tidak ada yang tidakmelakukan sholat dhuhur berjamaah di lingkungan sekolah. Adapun bagi siswiyang berhalangan pun tetap berkumpul di teras masjid guna menghormati programsholat dhuhur berjamaah.3) Faktor-faktor pendukung penerapan pendekatansaintifik dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan kualitas ibadah siswaadalah tersedianya sarana dan prasarana yang ada di MTs Al Ittihadiyah KalijurangTonjong Brebes. Adapun faktor-faktor penghambat terhadap penerapan pendekatansaintifik dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan kualitas ibadah siswa MTsAl Ittihadiyah Kalijurang Tonjong Brebes adalah kurangnya pemahaman pesertadidik dalam huruf arab, serta kurangnya dukungan dari keluarga perihal pendidikananak.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Fikih, Ibadah.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Isro Wahdana Saputra - Personal Name
|
Student ID |
2019010217
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |