Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GARUNG
XMLPenelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahuiimplementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum merdekakelas VII di SMP Negeri 2 Garung. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yangmendukung dan menghambat pembelajaran pendidikan agama islam dalamkurikulum merdeka kelas VII di SMP Negeri 2 Garung.Peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metodependekatan studi lapangan. Penelitian ini mengarah pada observasi lapangansecara langsung, dengan subjek Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan AgamaIslam SMP Negeri 2 Garung. Teknik pengumpulan data yang digunakan antaralain observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini didukung dengan adanyaanalisis data yaitu: redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yaitu: 1) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islamkelas VII di SMP Negeri 2 Garung menitikan peserta didik sebagai pusat daripembelajaran (student centered) sehingga anak memiliki keleluasan dankesenangan dalam belajar. 3) Faktor penghambat Implementasi pembelajarankurikulum merdeka kelas VII di SMP Negeri 2 Garung adalah kurangnya saranaprasarana dan kurangnya pemahaman guru. Sedangkan pendukung Implementasipembelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 2 Garung adalahmotivasi guru.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Irma Nur Khasanah - Personal Name
|
Student ID |
2019010298
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |