PENERAPAN PROGRAM BOARDING SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN PROGRAM BOARDING SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA

XML

Skripsi ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan penerapan program boardingschool terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolh MenengahPertama Muhammadiyah 1 Banjarnegara. 2) Untuk mendeskripsikan kendala dalampenerapan program boarding school terhadap prestasi belajar Pendidikan AgamaIslam siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Banjarnegara. 3) Untukmengetahui solusi terhadap kendala penerapan program boarding school terhadapprestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah PertamaMuhammadiyah 1 Banjarnegara.Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif, adapunsubyek penelitian adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarnegara kelas VII yangberjumlah 30 siswa. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dandokumen yang disajikan bersifat deduktif induktif. Analisis data dilakukan dengandianalisis interaktif, dimana tiga komponen analisis yakni reduksi data, sajian data,dan penarikan kesimpulan atau verifikasinya, yang dilakukan secara interaktif denganteknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan program boarding schoolterhadap prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah Banjarnegara dilakukan gurupertama program pengamalan ibadah yakni shalat tahajud berjama’ah, shalat subuhdan dzikir pagi, setoran hafalan, dzuhur berjama’ah, shalat ashar, dzikir petang,muroja’ah hafalan, shalat maghrib, tadarus dan shalat isya. Kedua pengajaran kitabyakni program pengajaran kitab yang terbukti siswa dapat memahami lebih dalamtentang ilmu tauhid, ibadah, muamalah dan ilmu akhlak Ketiga program tahfidzQur’an merupakan program unggulan karena program tahfidz Qur’an membina danmengembangkan kemampuan siswa menghafalkan Al-Qur’an. Keempat programpengembangan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab terbukti dapat meningkatkanprestasi belajar PAI sebab materi PAI lebih banyak yang berkaitan dengan Al-Qur’andan Hadits sehingga penguasaan bahasa Arab menjadi penting. Prestasi belajar PAIsiswa berasrama dikategorikan relatif baik, ini terlihat dari perolehan nilai raport yangmemiliki nilai di atas 80. 2) Kendala penerapan program boarding school terhadapprestasi belajar PAI adalah kegiatan adanya kegiatan kepramukaan, pengamalanibadah shalat tahajud dan shalat wajib yang memerlukan pengawasan, partisipasisiswa rendah dan hafalan siswa relatif lemah. 3) Solusi terhadap kendala penerapanprogram boarding school terhadap prestasi belajar PAI yakni program dan kegiatanasrama dilaksanakan secara teratur, guru memberi pendampingan dalam beribadah,memberikan penghargaan atau reward kepada siswa yang menjadi teladan siswa lain,penguatan aspek fisik dan psikis pada siswa dan adanya dukungan penuh dari gurumapel dan guru tahfidz demi terciptanya hafidz seperti diinginkan sekolah.
Kata Kunci: Program Boarding School, Prestasi Belajar PAI.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Inung Nurlita - Personal Name
Student ID
2019010456
Dosen Pembimbing
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail