DAMPAK DISLEKSIA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI SLB AISYIYAH SA’ADAH DESA SUDAGARAN, KECAMATAN WONOSOBO, KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023)

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

DAMPAK DISLEKSIA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI SLB AISYIYAH SA’ADAH DESA SUDAGARAN, KECAMATAN WONOSOBO, KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023)

XML

Disleksia merupakan gangguan neurologis atau sistem syaraf pusat otak yang ditandai dengan kesulitan mengenali kata-kata baik dalam mengeja, membaca, memahami simbol, serta membedakan huruf. Disleksia juga merupakan suatu kondisi pemrosesan input atau masukan informasi yang berbeda dengan anak normal pada umunya, yang sering ditandai dengan kesulitan anak dalam membaca sehingga dapat memengaruhi kemampuan kognitif anak. Seperti daya ingat, aspek koordinasi, dan kecepatan pemrosesan dalam memasukan informasi. Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia dini di SLB Aisyiyah Sa’adah, 2) untuk mengetahui dampak disleksia terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di SLB Aisyiyah Sa’adah, 3) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi anak penyandang disleksia di SLB Aisyiyah Sa’adah. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan penelitian. Adapun teknik analisis data menggunakan metode triangulasi data. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa SLB Aisyiyah Sa’adah Wonosobo yaitu Azka dan Navith. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perkembangan kognitif Azka dan Navith belum mengalami kematangan secara psikologis. Sehingga mengalami hambatan belajar yang disebut disleksia, 2) dampak disleksia terhadap perkembangan kognit anak usia dini diantaranya anak mengalami kesulitan dalam memproses informasi yang masuk sehingga anak kesulitan dalam mengingat, mengenal, dan memahami huruf, 3) upaya sekolah dalam menangani disleksia yaitu dengan memberikan strategi belajar sesuai dengan kemampuan anak agar perkembangan kognitif anak dapat berkembang secara maksimal.
Kata kunci: Dampak, Disleksia, Perkembangan Kognitif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fifi Emi Arti - Personal Name
Student ID
2019240005
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Ali Mu'tafi., S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail