UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BERMAIN FLIP FLAP BOOK DI KELOMPOK A KB TAKHASSUS AL-QUR’AN 2 KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BERMAIN FLIP FLAP BOOK DI KELOMPOK A KB TAKHASSUS AL-QUR’AN 2 KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep bermain menggunakan flip flap book; 2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak melalui bermain flip flap book; 3) untuk mengetahui faktor pendukung penghambat dan pendukung selama bermain flip flap book. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan instrumen yang digunakan berupa lembar penelitian catatan observasi, lembar catatan wawancara dengan guru kelompok A dan kepala sekolah, dokumentasi berupa foto, buku presensi, rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Flip flap book berasal dari bahasa inggris yang apabila diterjemahkan berarti buku balik tutup. Flip flap book dapat dibalik tutup dan terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala badan dan ekor, ketika membolak balik anak bisa menemukan kepala, badan dan ekor sebuah binatang dan menjadi bentuk yang sempurna. Permainan dapat ini merangsang bahasa anak melalui dialog; 2) peningkatan perkembangan bahasa anak berkembang sangat baik. Penelitian selama dua siklus menunjukkan hasil Belum Berkembang (BB) 0%, Mulai Berkembang (MB) 0% anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak atau 15% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 10 anak atau 85%; 3) faktor penghambat anak tidak tertarik dan tidak fokus, tidak mau bergantian. Faktor pendukung terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara peneliti dan guru kelas, dukungan dari anak yang telah berkembang sangat baik mereka aktif dan bisa memicu minat anak lain sehingga membuat proses bermain berjalan dengan optimal.
Kata kunci : Peningkatan,Perkembangan Bahasa, Flip Flap Book 2019240057


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fatiyya Sekar Kinanti - Personal Name
Student ID
2019240057
Dosen Pembimbing
Dr. Ngarifin Shidiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail