Prodi PIAUD
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIK EDUCATION (RME) PADA ANAK USIA DINI DI POS PAUD BUNDA PERTIWI DESA MERGOLANGU KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengenal angka anak di POS PAUD Bunda Pertiwi Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Wonosobo. (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Realistik Matematik Education (RME) Pada Anak Usia Dini Di POS PAUD Bunda Pertiwi Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan mengenal angka melalui Pendekatan Realistik Matematik Education (RME) Pada Anak Usia Dini di POS PAUD Bunda Pertiwi Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dan guru di POS PAUD Bunda Pertiwi Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan mengenal angka anak di POS PAUD Bunda Pertiwi Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo, berada pada tingkat rendah Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pra siklus dari jumlah 20 anak hanya 5 anak atau 25% yang kemampuan mengenal angkanya masuk katagori BSB dan BSH sedangkan sisanya 75% masuk kategori mulai berkembang dan belum berkembang. (2) Penerapan Pendekatan realistik matematik education (RME) anak di dapat mengembangkan aspek kognitif, tentunya dalam kemampuan mengenal angka dan pendekatan realistik matematik education (RME) juga dapat membantu anak-anak untuk lebih mengenal dasar-dasar berhitung seperti bilangan, penjumlahan, maupun pengurangan. Ketika seorang pendidik di mengajarkan berhitung, anak dapat membuat analogi dan visualisai dengan pendekatan realistik matematik education (RME). (3) Peningkatan kemampuan mengenal angka anak di POS PAUD Bunda Pertiwi Mergolangu Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Hasil observasi pada siklus I dapat dilihat pada peningkatan persentasenya. Anak dengan kriteria BSH dan BSB berjumlah 65%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan oleh peneliti sehingga akan dilanjutkan pada siklus II. Kemampuan mengenal angka anak dapat ditingkatkan dengan pendekatan Realistik Matematik Education (RME) karena dengan pendekatan ini objek matematika menjadi konkret dan nyata sehingga anak-anak lebih memahami konsep matematika.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Angka, Realistik Matematik Education (RME)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Erni Wiyanti - Personal Name
|
Student ID |
2019240091
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |