IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI DI KELOMPOK B TK PERTIWI BUDHI LUHUR PATAKBANTENG KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI DI KELOMPOK B TK PERTIWI BUDHI LUHUR PATAKBANTENG KABUPATEN WONOSOBO

XML

Pembelajaran literasi merupakan proses belajar yang bertujuan untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh yang kemudian mengolahnya secara kritis dan mengkomunikasikan hasilnya melalui lisan, tulisan, maupun multimedia ke depan publik. Dimensi literasi diantaranya, yaitu literasi numerasi, finansial, baca tulis, digital, serta literasi budaya dan kewargaan. Literasi numerasi merupakan pembelajaran yang menggunakan simbol dan angka melalui berbagai macam model dan media.
Tujuan dari penelitian ini guna: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi pembelajaran literasi numerasi di TK Pertiwi Budhi Luhur Patakbanteng. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi literasi numerasi di TK Pertiwi Budhi Luhur Patakbanteng. 3) Untuk mengetahui hasil implementasi literasi numerasi di TK Pertiwi Budhi Luhur Patakbanteng. Penelitian ini termasuk studi lapangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data, antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran literasi numerasi di kelompok B TK Pertiwi Budhi Luhur Patakbanteng Kabupaten Wonosobo yaitu siswa diminta untuk berbaris, berhitung dan mengukur tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala teman kemudian menuliskan nama dan hasil pengukurannya di papan tulis. Setelah itu siswa diberikan kertas anyam untuk menganyam pola aljabar sederhana. 2) Faktor pendukung literasi numerasi adalah bisa dipraktekkan langsung dan hasilnya pasti, media yang digunakan bisa diambil dari lingkungan sekitar, dan peran guru. Faktor penghambatnya yaitu dilarangnya calistung di lembaga TK, dan media alat peraga yang tidak mencukupi sejumlah anak sehingga menghambat proses pembelajaranFaktor pendukung literasi numerasi adalah bisa dipraktekkan langsung dan hasilnya pasti, media yang digunakan bisa diambil dari lingkungan sekitar, dan peran guru. Faktor penghambatnya yaitu dilarangnya calistung di lembaga TK, dan media alat peraga yang tidak mencukupi sejumlah anak sehingga menghambat proses pembelajaran. 3) Hasil pembelajaran sesuai keadaan lapangan yaitu pembelajaran yang dilaksanakan sudah optimal meskipun sebagian siswa masih terkendala kemampuannya. Siswa sudah mampu mengenal angka 1-10, menyebut, menuliskan dan mengurutkan. Siswa juga sudah mampu menunjukkan posisi benda, mengukur benda dan membuat pola.
Kata Kunci: Pembelajaran literasi, literasi numerasi, anak usia dini.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ani Maftuhatun - Personal Name
Student ID
2019240038
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail