PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ENERGI BUNYI PROYEK TELEPON GELAS PLASTIK KELAS IV B SD N 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ENERGI BUNYI PROYEK TELEPON GELAS PLASTIK KELAS IV B SD N 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Pelaksanaan pembelajaran IPA belum optimal, khususnya pada materi energi bunyi. Dalam pembelajaran, masih kurang variasi model yang digunakan, kurangnya suasana pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan peserta didik jenuh, serta guru kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang bisa diterapkan pada mata pelajaran IPA yaitu model Project Based Learning (PjBL) dengan proyek telepon gelas plastik yang bisa memudahkan peserta didik dalam menangkap materi sehingga meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi model PjBL pada materi energi bunyi proyek telepon gelas plastik. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model PjBL pada materi energi bunyi proyek telepon gelas plastik. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model PjBL pada materi energi bunyi proyek telepon gelas plastik.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model PjBL pada kelas IV B SD N 1 Gondang. PTK ini menggunakan dua siklus dengan empat tahap di setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peningkatan dapat diketahui dari nilai hasil belajar yang menggunakan rubrik penilaian kinerja dari Pra-Siklus, sampai Siklus II. Pada Pra-Siklus, persentase hasil belajar peserta didik yaitu 55% lalu meningkat menjadi 62,5% pada Siklus I dan terjadi peningkatan lagi sebesar 79,4% pada Siklus II yang telah menjangkau 75% yang merupakan kriteria ketuntasan dalam penelitian. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL pada materi energi bunyi proyek telepon gelas plastik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Project Based Learning (PjBL), Energi Bunyi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Zulfa Alfani Humaida - Personal Name
Student ID
2019030008
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail