PENGGUNAAN METODE PEMBALAJARAN SING TO PLAY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB KELAS III MI MA’ARIF NU KLESMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGGUNAAN METODE PEMBALAJARAN SING TO PLAY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB KELAS III MI MA’ARIF NU KLESMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menerapkan metode sing to play dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab kelas III MI Ma‟arif NU Klesman. (2) mengetahu adanya peningkatan penguasaan mufrodat bahasa Arab kelas III MI Ma‟arif NU Klesman setelah diterapkan metode sing to play. (3) mengetahi perbedaan penguasaan mufrodar bahasa Arab kelas III MI Ma‟arif NU Klesman antara yang menggunakan metode sing to play dan yang tidak menggunakan metode sing to play.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MI Ma‟arif NU Klesman, dengan jenis penlitian eksperimen, desain penelitiannya menggunakan quasi experimental design yaitu adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu penerapan metode sing to play, dan variabel terkaitnya adalah peningkatan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Ma‟arif NU Klesman. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis pendahuluan dan uji hipotests.
Hasil penelitian in menunjukan bahwa: (1) penggunaan metode sing to play ini terbukti efektif dapat meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab kelas III di MI Ma‟arif NU Klesman. (2) adanya peningkatan penguasaan mufrodat bahasa Arab kelas III Umar Bin Khotob atau kelas eksperimen dibuktikan dengan hasil uji gain sebesar 0,552 dengan kategori sedang. (3) adanya perbedaan penguasaan mufrodat anatar kelas yang menggunakan metode sing to play dengan yang tidak mengunakan metode sing to play dengan perhitungan analisis data yang penulis peroleh, yitu t hitung sebesar 6,228. Dan t tabel taraf signifikasi 5% dan dk=(31=32)-2=61 diperoleh t tabel sebesar 1,9996. Dan taraf signifikasi % diperoleh t tabel sebesar 2,6589. Hasil ini menunjukan nilai t hitung > t tabel. Dengan demikian H0 ditoak dan H a diterima. Sehingga ada perbedaan antara kelas yang diterapkan metode sing to play dengan tang tidak diterapkan metode sing to play.
Kata kunci: Metode Sing To Play, Pembelajaran Bahasa Arab, Mufrodat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Wardatul Kamila - Personal Name
Student ID
2019030070
Dosen Pembimbing
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Bambang Sugiyanto, M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail